Assalamualaiku wr.wb
Ada
anak SMK jurusan otomotif ?? Yuuk sharing artikel tentang otomotif dasar. Pasti
yang anak SMK otomotif gak asing dong sama yang namanya katup atau valve ? Naah
disini kita mau ngebahas tentang katup itu sendiri tapi singkat padat dan
kurang jelas hehehe, yaa namanya juga materi dapet dari Training pasti dikit
teori banyakan praktiknya. Gapapa lumayan buat nambah-nambah ilmu, iyaa dong
soalnya yang kita bahas ini bukan katup motor atau mobil kecil, melainkan truk.
Langsung aja yaa.
KATUP (VALVE), DUDUKAN KATUP (VALVE SEAT) & PENGAHNTAR KATUP (VALVE
GUIDE)
1. Garis besar dan struktur
Katup dibuka dan ditutup dengan gerakan tertentu yang diatur oleh poros
cam (camshaft). Katup berfungsi
sebagai masuk keluarnya udara dan bahan bakar, sebagai sekat dudukan katup (valve seat) dan sebagai saluran gas
buang. Katup masuk dan katup buang dibuat dengan bahan yang berbeda, Karen aitu
diperlukan sifat yang berbeda pula. Kini bebrapa mesin dilengkapi dua katup
masuk dan dua katup buang (multi valve) tiap
silindernya untuk mendapatkan tenaga mesin yang lebih besar, hemat bahan bakar
dan gas buang yang lebih bersih.
a. Katup masuk (intake valve)
Katup ini terbuat dari baja khusus yaiut baja karbon (carbon steel) dicampur crom dan silicon agar tahan karat pad suhu
rendah karena terdinginkan oleh udara masuk. Diameter luar lebih besar
disbanding katup buang.
b. Katup buang (exhaust valve)
Terbuat dari baja karbon dicampur crom dan nikel agar tahan gas buang
yang bersuhu tinggi. Pada mesin yang sama diameter katup buang lebih kecil dari
katup masuk dan diameter batang (stem)
katup buang lebih kecil dari batang katup masuk supaya ada celah yang lebih
besar antara batang dan penghantar katup.
c. Dudukan katup (valve seat)
Saat katup tertutup, dudukan katup menyekat udara yang dikompresi dan gas
pembakaran. Terbuat dari baja tempa yang tahan panas dan gesekan.
d. Penghantar katup (valve guide)
Penghanta katup dipasangkan pada kepala silinder, memungkinkan katup
bergerak naik turun. Terbuat dari baja karbon serta dipasangkan seal oli (oil seal) pada ujung atasnya.
2. Poin-poin perbaikan katup dan penghantar
katup
·
Jika ada oli pada saluran masuk dan katup masuk,
kemungkinan ada oli bocor dari suatu tempat.
·
Jika batang dan penghantar katup buang
melengkung, kemungkinan penyebabnya batang katup telah bengkok.
·
Kontak antara katup dengan dudukan katup harus
selalu terpasang saat pembongkaran mesin.
PEGAS
KATUP (VALVE SPRING)
1. Garis
besar dan strukur
Pegas katup (valve spring) dengan cepat dan
tepat menutup katupmsesuai geraka poros cam (camshaft). Terbuat dari baja
lentur, tahan panas, terdiri dari baja karbon ditambah silicon, krom dan
tembaga. Agar gaya pegas lebih kuat dipasangkan dua pegas sekaligus, pegas
dalam dan pegas luar. Celah lingkar pegas dibuat lebih rapat pada satu sisi
untuk mengatasi gerakan tidak wajar saat putaran mesin tinggi.
2. Poin-poin perbaikan pegas katup
·
Sisi bagian celah yang rapat dipasang menghadap
kebawah.
·
Hati-hati saat pemasangan pegas jaga agar seal
batang katup tidak rusak.
·
Periksa tekanan pemasangan dan bentuk pegas.
·
Tidak ada perbedan antara pegas katup masuk dan
katup buang.
·
Periksa kekuatan tekanan pegas dang anti bila
tidak memenuhi nilai yang ditentukan.
This is what I have seen good Post.may be the article about DUDUKAN KATUP (VALVE SEAT)from http://www.zjautoparts.net could help you
BalasHapus