Senin, 25 Januari 2016

KATUP (VALVE), DUDUKAN KATUP (VALVE SEAT) & PENGAHNTAR KATUP (VALVE GUIDE)

Assalamualaiku wr.wb

                Ada anak SMK jurusan otomotif ?? Yuuk sharing artikel tentang otomotif dasar. Pasti yang anak SMK otomotif gak asing dong sama yang namanya katup atau valve ? Naah disini kita mau ngebahas tentang katup itu sendiri tapi singkat padat dan kurang jelas hehehe, yaa namanya juga materi dapet dari Training pasti dikit teori banyakan praktiknya. Gapapa lumayan buat nambah-nambah ilmu, iyaa dong soalnya yang kita bahas ini bukan katup motor atau mobil kecil, melainkan truk. Langsung aja yaa.

KATUP (VALVE), DUDUKAN KATUP (VALVE SEAT) & PENGAHNTAR KATUP (VALVE GUIDE)

1.       Garis besar dan struktur
Katup dibuka dan ditutup dengan gerakan tertentu yang diatur oleh poros cam (camshaft). Katup berfungsi sebagai masuk keluarnya udara dan bahan bakar, sebagai sekat dudukan katup (valve seat) dan sebagai saluran gas buang. Katup masuk dan katup buang dibuat dengan bahan yang berbeda, Karen aitu diperlukan sifat yang berbeda pula. Kini bebrapa mesin dilengkapi dua katup masuk dan dua katup buang (multi valve) tiap silindernya untuk mendapatkan tenaga mesin yang lebih besar, hemat bahan bakar dan gas buang yang lebih bersih.

a.       Katup masuk (intake valve)
Katup ini terbuat dari baja khusus yaiut baja karbon (carbon steel) dicampur crom dan silicon agar tahan karat pad suhu rendah karena terdinginkan oleh udara masuk. Diameter luar lebih besar disbanding katup buang.
b.      Katup buang (exhaust valve)
Terbuat dari baja karbon dicampur crom dan nikel agar tahan gas buang yang bersuhu tinggi. Pada mesin yang sama diameter katup buang lebih kecil dari katup masuk dan diameter batang (stem) katup buang lebih kecil dari batang katup masuk supaya ada celah yang lebih besar antara batang dan penghantar katup.
c.       Dudukan katup (valve seat)
Saat katup tertutup, dudukan katup menyekat udara yang dikompresi dan gas pembakaran. Terbuat dari baja tempa yang tahan panas dan gesekan.
d.      Penghantar katup (valve guide)
Penghanta katup dipasangkan pada kepala silinder, memungkinkan katup bergerak naik turun. Terbuat dari baja karbon serta dipasangkan seal oli (oil seal) pada ujung atasnya.

2.       Poin-poin perbaikan katup dan penghantar katup
·         Jika ada oli pada saluran masuk dan katup masuk, kemungkinan ada oli bocor dari suatu tempat.
·         Jika batang dan penghantar katup buang melengkung, kemungkinan penyebabnya batang katup telah bengkok.
·         Kontak antara katup dengan dudukan katup harus selalu terpasang saat pembongkaran mesin.





PEGAS KATUP (VALVE SPRING)
   
   
                      1.   Garis besar dan strukur
                    Pegas katup (valve spring) dengan cepat dan tepat menutup katupmsesuai geraka poros                       cam (camshaft). Terbuat dari baja lentur, tahan panas, terdiri dari baja karbon ditambah                       silicon, krom dan tembaga. Agar gaya pegas lebih kuat dipasangkan dua pegas sekaligus,                     pegas dalam dan pegas luar. Celah lingkar pegas dibuat lebih rapat pada satu sisi untuk                          mengatasi gerakan tidak wajar saat putaran mesin tinggi.





                      2.  Poin-poin perbaikan pegas katup
·         Sisi bagian celah yang rapat dipasang menghadap kebawah.
·         Hati-hati saat pemasangan pegas jaga agar seal batang katup tidak rusak.
·         Periksa tekanan pemasangan dan bentuk pegas.
·         Tidak ada perbedan antara pegas katup masuk dan katup buang.

·         Periksa kekuatan tekanan pegas dang anti bila tidak memenuhi nilai yang ditentukan.

1 komentar:

  1. This is what I have seen good Post.may be the article about DUDUKAN KATUP (VALVE SEAT)from http://www.zjautoparts.net could help you

    BalasHapus