Senin, 25 Januari 2016

Trip to P. Pahawang (Backpakeran)

Assalamualaikum wr.wb

Haloo traveler =)) saya mau berbagi pengalaman nih, pengalaman saya backpacker ke Pulau Pahawang dan Banding Resort Lampung. Berawal dari rencana di awal bulan desember saya dan 2 teman saya sebut saja Syarif dan Raden berencana ke Pulau Pahawang. Nah kebetulan liat-liat tanggal nemu deh tangal yang pas yaitu tanggal 27 – 30 Desember 2015. Pas tanggalnya karena saya dapet libur dari kantor plus saya ambil cuti juga jadi libur panjang deh.

Oke langsung aja, kita janjian di Arion jam 21.00 akhirnya baru kumpul semua jam 21.45, biasa anak organisasi mah jamnya jam karet wkwkwk.Nah langsung cur deh kita ke Pulo Gadung sampe jam 22.10, nah pas itu lagi hujan deres banget maklum agak telat. Udah sampe Pulo Gadung kita langsung cari bis jurusan Pulogadung – Merak, kebetulan dapet bis namanya Sahabat. Langsung aja kita naikin dan ternyata jeng jeng kosong polong bangkunya dan kita adalah penumpang pertama. Dan ini calon-calon ngetem lama nunggu penumpang agak penuh dulu. Jam 23.30 akhirnya penuh juga dan langsung berangkat dan sampe Merak jam 02.00, dan ongkosnya agak mahal sih Rp 40.000 soalnya bis terakhir katanya biasanya kn 35.000 paling mahal.

Lanjut deh kita beli tiket kapal feri harganya Rp 15.000, murah juga yaa. Dan kita baru berangkat dari Merak jam 03.45, dan sampe Bakauheni jam 05.45. Di Bakauheni kita ngaso-ngaso dulu deh, trus kita lanjut cari bis jurusan Bakauheni – Rajabasa dan kita pun dapet tapi yang gak ada ac nya =( gpp deh daripada nunggu lama lagi. Dan kita baru berangkat jam 07.15 ohiya ongkosnya lumayan murah Rp 23.000. Inget yaah kita gak turun di terminal Rajabasanya tapi bilang aja sam kondekturnya turunin di “Kalibalok”, dan sampe Kalibalok jam 10.00.

Kapal Feri Dharma Rucitra

Bis NPM Bakauheni - Rajabasa

Nah dari Kalibalok kita naik angkot warna biru abu-abu jurusan Tanjung Karang, dan bilang aja ke supirnya kita turun di “Enggal” kalo turun d Tj.Karang malah jauh balik lagi kita dan harga ongkosnya Rp 4000. Dan sampe di Enggal jam 11.00. Ohiyaa kata orang sana nya semua angkot di Lampung itu tarifnya sama semua Rp 4000.

Angkutan ke Tj. Karang

Dari Enggal kita naik angkot lagi jurusan Teluk Betung warnanya agak merah marun gitu deh. Nah kita turun di Gudang Garam, sampe di Gudang Garam jam 12.00 dari GUdang Garam kita naik pick up lagi untuk ke Pelabuhan Ketapangnya. Ongkos pick up nya Rp 15000. Sampai di pelabuhan Ketapang jam 13.00.

Angkutan ke Gd. Garam
Pick up ke Pel. Ketapang
     Nah turun deh di Ketapang, baru aja turun dari pick udah ada calo kapal nawarin kita buat ke Pulau Pahawang, akhirnya nego dapet Rp 700.000 bolak balik besok dijemput sama tu kapal. Untung pas di pick up ketemu sama rombongan yang mau ke Pahawang juga jadi patungan 70rb deh. Terus kita baru jalan dari ketapang jam 13.00 sampe di Pahawang jam 14.30.

Nah disini lah letak kesalahan kita, seharusnya pas turun dari pick up kita jalan dulu sampe kantor Dishub, disan banyak kapal nelayan dari pulau Pahawang. Kalau kita naik kapal nelayan ongkosnya jauh sangat lebih murah yaitu cuma Rp 25.000 tapi syaratnya kalo kita dari ketapang itu Cuma ada jam 2 sampe jam 3 siang, nah kalo dari Pulau Pahawangnya adanya Cuma jam 7 sampe jam 9 pagi, karena penduduk di Pahawang pada pergi ke pasar buat beli kebutuhan pokok. Udah gitu kita diturunin di desa yang salah yang gak sesuai dari referensi2 di mbah gugel. Pas kita nanya ternyata kita diturunin di desa Pahawang besar seharusnya itu kita turun di desa Jalarangan. Yaa karena view yang bagus buat foto2 itu di desa Jalarangan kalau di Pahawang besar sunyi senyap gak ada view yang pas buat foto-foto. Yaa mau gimana lagi kita udah terlanjur naik =(( Pas sampe di desa Pahawang besar lalu kita diriin tenda trus nyari sendiri tuh desa Jalarang, eeh buseeet daah jauhnya gak ketulungan udah kaya ngelilingin 1 pulau Pahawang. Tapi Karena perjuangan dan kerja keras kita akhirnya kita menemukan desa yang kita cari2 dan benar sekali view memang WOW, kita tau itu semua dari penduduk disana pas kita ngobrol2 panjang. Dan memang penyesalan selalu datang teakhir kalau dating duluan mah pendaftaran namanya. Tapi gapapa yang penting kita udah sampe tujuan awal kita. Dan gak nyesel deh kalo kalian kesini, kebayar semua perjuangan kalian.

Fyi (for your info) nih, Pulau Pahawang itu ada 2 sebenernya, ada Pulau Pahawang Besar (itu tujuan kita) dan Pulau Pahawang Kecil (Pulau ini milik pribadi dan yang punya orang Perancis, dia beli ke indonesia itu Pulaunya). Nah kita gak boleh ke sana, kecuali kalian tamu istimewanya si orang Perancis itu.

View Desa Pahawang besar

Desa Jalarangan
View P. Pahawang (Desa Jalarangan)

Senja di Desa Jalarngan

Nih saya kasih detail list perjalanannya :
  1. Pulogadung – Merak                   Rp 40.000       2,5 jam
  2. Merak – Bakauheni                    Rp 15.000       2 jam
  3. Bakauheni – Kalibalok (santai lancar)Rp 23.000       3 jam
  4. Kalibalok – Enggal                   Rp 4.000        45 menit
  5. Enggal – Gd. Garam                   Rp 7.000        1 jam
  6. Gd. Garam – Pel. Ketapang            Rp 15.000       1 jam
  7. Pel. Ketapang – P. Pahawang          Rp 700rb/kapal  1,5 jam

Oke sekian yaah, semogaa trip mu nanti menyenangkan =))