Senin, 25 Januari 2016

Penyetelan Katup Mesin W04D

Assalamualaikum wr.wb

                Ada yang udah pernah setel katup ?? entah itu katup motor, mobil, truk ataupun pesawat. Bagi yang udah pernah, gimana rasanya ?? susah susah gampang atau gampang gampang susah ?? Nah bagi yang belum pernah tapi mau banget setel katup ada baiknya nih di simak dulu materi kali ini. Karena disini saya akan memberikan tutorial teori tentang “Pemeriksaan dan Penyetelan Celah Katup”. Tapi ini mesin apa nih bang ?? selalu yang kita pakai dsini adalah mesin truk Hino Dutro dengan type mesin W04D. Okeh cekidot !!!

a.       Mesin W04D
Prosedur
1)      Penyetelan celah katup dapat dilakukan dengan dua cara yaitu, per silinder berdasarkan Firing Order atau dengan dua kali memutar poros engkol.
2)      Jangan melakukan penyetelan celah katup sebelum mengencangkan ulang baut kepala silinder, bila mesin baru dibongkar atau mobil baru.
3)      Penyetelan celah katup dilakukan saat mesin dingin.

Pemeriksaan dan Penyetelan
1)      Set silinder pada posisi TMA (top kompresi) dengan cara memutar flywheel sampai terlihat tanda ¼ segaris dengan tanda panah pada housing flywheel dan perhatikan



·         Push rod katup intake dan exhaust pada silinder no 1 dapat diputar dengan mudah dan push rod katup intake dan exhaust silinder no 4 rapat.
     


2)      Pemeriksaan
·         Masukkan feeler gauge diantara rocker arm dan valve stem.
·         Saat feeler gauge ditarik harus terasa lembut, bila terlalu longgar atau terlalu sempit lakukan penyetelan ulang.



3)      Penyetelan
·         Kendorkan mur pengunci (2) dan baut penyetel (1), kemudian masukkan feeler gauge yang sesuai.
·         Kencangkan baut penyetel (1), kemudian tarik feeler gauge. Saat feeler ditarik harus terasa lembut, kemudian kencangkan mur pengunci (2) dengan kekencangan momen 450 kgf.cm.



4)      Katup yang dapat distel data top kompresi silinder no 1 adalah :



Interval pemeriksaan : Setiap 40.000 km

Celah katup (dingin) :

Intake           : 0,35 mm
Exhaust        : 0,55 mm

5)      Setelah penyetelan katup silinder no 1 selesai, putar poros engkol satu putaran penuh (360°) dan pastikan posisi silinder no 4 kompresi.
Katup yang dapat distel saat top kompresi silinder no 4 adalah :



6)      Setelah penyetelan katup selesai, kencangkan mur pengunci (2) dengan momen 450 kgf.cm.
7)      Pasang tutup kepala silinder
8)      Selesai ……………….


Nah mudah kan ?? tidak seperti yang dibayangkan kok. Hehehe gampangan truk lagi dari pada mobil kecil. Kalo truck lega masih bisa duduk berdiri atau jongkok gak perlu bungkuk banget, lah kalo mobil kecil kan agak sempit, kalo yang tangannya gede, muaat emang ?? hahahaha. Oke sekiaan selamat mencoba yah

2 komentar:

  1. Jangan melakukan penyetelan sebelum melakukan pengwncangan baut kepala slinder,, maksut nya gumana mohon pwnjelasan,, terus kepala slinder utu yg mn? Tnk

    BalasHapus
  2. Mau nanya gan, brp ukuran celah klep isap dan buang utk mesin Hino V22C.mksh

    BalasHapus