Assalamualaikum wr.wb
Ada
yang udah pernah setel katup ?? entah itu katup motor, mobil, truk ataupun
pesawat. Bagi yang udah pernah, gimana rasanya ?? susah susah gampang atau
gampang gampang susah ?? Nah bagi yang belum pernah tapi mau banget setel katup
ada baiknya nih di simak dulu materi kali ini. Karena disini saya akan
memberikan tutorial teori tentang “Pemeriksaan dan Penyetelan Celah Katup”.
Tapi ini mesin apa nih bang ?? selalu yang kita pakai dsini adalah mesin truk
Hino Dutro dengan type mesin W04D. Okeh cekidot !!!
a.
Mesin W04D
Prosedur
1)
Penyetelan celah katup dapat dilakukan dengan
dua cara yaitu, per silinder berdasarkan Firing Order atau dengan dua kali
memutar poros engkol.
2)
Jangan melakukan penyetelan celah katup sebelum
mengencangkan ulang baut kepala silinder, bila mesin baru dibongkar atau mobil
baru.
3)
Penyetelan celah katup dilakukan saat mesin
dingin.
Pemeriksaan dan Penyetelan
1)
Set silinder pada posisi TMA (top kompresi)
dengan cara memutar flywheel sampai
terlihat tanda ¼ segaris dengan tanda panah pada housing flywheel dan perhatikan
·
Push rod
katup intake dan exhaust pada silinder no 1 dapat diputar dengan mudah dan push rod katup intake dan exhaust
silinder no 4 rapat.
2)
Pemeriksaan
·
Masukkan feeler
gauge diantara rocker arm dan valve stem.
·
Saat feeler
gauge ditarik harus terasa lembut, bila terlalu longgar atau terlalu sempit
lakukan penyetelan ulang.
3)
Penyetelan
·
Kendorkan mur pengunci (2) dan baut penyetel
(1), kemudian masukkan feeler gauge yang
sesuai.
·
Kencangkan baut penyetel (1), kemudian tarik feeler gauge. Saat feeler ditarik harus
terasa lembut, kemudian kencangkan mur pengunci (2) dengan kekencangan momen
450 kgf.cm.
4)
Katup yang dapat distel data top kompresi
silinder no 1 adalah :
Interval pemeriksaan : Setiap 40.000 km
Celah katup (dingin) :
Intake : 0,35 mm
Exhaust : 0,55 mm
5)
Setelah penyetelan katup silinder no 1 selesai,
putar poros engkol satu putaran penuh (360°) dan pastikan posisi
silinder no 4 kompresi.
Katup yang dapat distel saat top kompresi silinder no 4 adalah :
6)
Setelah penyetelan katup selesai, kencangkan mur
pengunci (2) dengan momen 450 kgf.cm.
7)
Pasang tutup kepala silinder
8)
Selesai ……………….
Nah mudah kan ??
tidak seperti yang dibayangkan kok. Hehehe gampangan truk lagi dari pada mobil
kecil. Kalo truck lega masih bisa duduk berdiri atau jongkok gak perlu bungkuk
banget, lah kalo mobil kecil kan agak sempit, kalo yang tangannya gede, muaat
emang ?? hahahaha. Oke sekiaan selamat mencoba yah
Jangan melakukan penyetelan sebelum melakukan pengwncangan baut kepala slinder,, maksut nya gumana mohon pwnjelasan,, terus kepala slinder utu yg mn? Tnk
BalasHapusMau nanya gan, brp ukuran celah klep isap dan buang utk mesin Hino V22C.mksh
BalasHapus