Jumat, 15 Januari 2016

Pengetahuan Alat Ukur

Asslamualaikum wr.wb

       Haii anak-anak SMK Jurusan Otomotif, apa kabar ? Pasti baik-baik aja deh amiin. Masih ingatkah kalian pelajaran tentang dasar-dasar alat ukur ? Duh lupa nih itumah pelajaran kelas 1 ka, eeh inget kok dikit-dikit. Hahaha ada yang inget ada juga yang lupa.

       Nah sekarang melalui blog ini kaka akan mengulang pelajaran yang kaka dapet dulu sewaktu di STM yaitu tentang penggunaan alat ukur. Tapi disini alat ukur yang kita bahas itu adalah Vernier Caliper, Micrometer, Dial Gauge dan Cylinder Gauge. Tapi kaka disini membahasnya melalui slide yaa, tinggal klik aja nanti link yang di paling bawah artikel.

       Tapi sebelum itu kaka pengen ngingetin nih, untuk alat ukur ini pelajarannya memang sepele tapi kalo udah disave dalam otak nanti pas di dunia kerja bakal keliatan dan sangat dipake apalagi pas tes masuk kerja kalo ngelamarnya di dunia otomotif kaya jadi mekanik mobil atau kendaraaan lain. Pasti nanti langsung keliatan tuh mana anak yang dulunya memahami dasar-dasar otomotif dan mana yang tidak. Jadi tolong dipelajarin baik-baik ya adik-adik kelas yang ganteng dan cantik. Jangan lupa siapin cemilan dan minuman sambil nemenin copy pastenya hehehehe..

Konsep dan Penerapan 5S

Konsep Dan Penerapan 5S
Isi :
v  Konsep 5S
v  Tujuan 5S
v  Definisi 5S
v  Aplikasi 5S

Pengantar
  •   Yang sukar itu mudah, tetapi yang mudah terlupakan.
  •   Perusahaan yang tidak sehat adalah perusahaan yang menerapkan 5S dengan buruk.
  •   Penyebab masalah umumnya berupa hal-hal sepele yang tidak banyak diperhatikan orang.
  •   Bila kita melihat sekeliling, ada banyak hal yang dapat disempurnakan.


   1. Konsep Dan Penerapan 5s

Mengapa pengenalan 5S sangat penting ?
1.  Untuk mengembangkan kemandirian karyawan
2.  Untuk menciptakan tempat kerja yang nyaman dan menyenangkan
3.  Untuk mengembangkan kepemimpinan

   2. Tujuan Langsung 5S ?

1)  Meningkatkan efisiensi
2)  Mempersingkat “Lead Time”
3)  Meningkatan image perusahaan
4)  Mengurangi inventori
5)  Meningkatan kualitas produk
6)  Mencapai “ZERO” defect
7)  Menjamin keamanan
8)  Mengurangi keamanan
9)  Mengurangi biaya


   3.   Apa yang dimaksud dengan 5S ?

    5S :

  • SEIRI (PEMILAHAN)
  •  SEITON (PENATAAN)
  •  SEISO (PEMBERSIHAN)
  •  SEIKETSU (PEMANTAPAN)
  •  SHITSUKE (PEMBIASAAN)

       A.  Seiri (Pemilahan)

· Memilah sesuai dengan aturan atau prinsip tertentu.
·  Membedakan antara yang diperlukan dengan yang tidak diperlukan, mengambil  keputusan denga tegas dan menerapkan manajemen strarifikasi untuk  membuang yang tidak diperlukan.

Azas Pemilahan :

1. Untuk barang yang tidak dipergunakan tahun lalu dan barang yang hanya digunakan dalam waktu 6-12 bulan terakhir sebaiknya dibuang atau disimpan jauh-jauh.
2. Barang yang hany digunakan dalam waktu 2-6 bulan terakhir dan barang yang dipergunakan lebih dari sekali dalam 6 bulan sebaiknya simpan di bagian tengan tempat kerja.
3. Barang yang digunakan sekali dalam seminggu, barang yang dipergunakan setiap hari dan barang yang dipergunakan setiap jam sebaiknya simpan dekat dengan orang yang menggunakannya.






         B. Seiton (Penataan)

Menyimpan barang ditempat yang tepat atau dalam tata letak yang benar

Memberi label agar mudah dicari dan dijangkau.

Prinsip Penataan


Barang tidak teratur : barang disimpan sembarangan yang berarti tenpat tidak digunakan dengan efisiensi dan anda tidak dapat menyimpan barang sebanyak yang seharusnya dapat dilakukan.

Barang teratur : Barang disimpan saling tegak lurus dan sepanjang garis lurus. Tempat digunakan paling efisien. Barang menghdap arah yang sama.






         C. Seiso (Pembersihan)



  • Merupakan sebuah falsafah dan komitmen untuk bertanggung jawab atas segala aspek barang yang yang anda pergunakan dan memastikan bahwa semua barang dalam kondisi prima.
  • Memandang perbersihan sebagai suatu bentuk pemeriksaan.
  • Menghilangkan sampah, kotoran dan barang asing untuk memperoleh tempat kerja yang lebih bersih.




Langkah Pembersihan :


1. Makro : Membersihkan segala sesuatu dan menangani penyebab keseluruhan ditempat kerja.

2. Individual : Membersihkan tempat kerja khusus dan bagian tempat kerja disekitar kita.
3. Mikro : Membersihkan peralatan kerja khusus, serta penyeba kotoran diidentifikasi dan diperbaiki.




       D. Seiketsu (Pemantapan)



  • Kesadaran dan aktivitas tetap untuk memastikan bahwa keadaan %S dipelihara.
  • Membedakan antara yang normal dengan yang tidak dalam melakukan suatu tindakan atau antara yang benar dengan yang salah serta memiliki standart yang jelas sehingga setiap orang dapat mengerti
Penerapan Pemantapan 

     Pemantapan lebih menonjolkan manajemen visual (kontrol visual) diantaranya :


  1. Peragaman untuk membantu orang mencegah berbuat kesalahan operasi
  2. Waspada terhadap bahaya
  3. Indikasi dimana barang harus diletakan
  4. Penandaan peralatan
  5. Peringatan unutk berhati-hati dan cara operasi
  6. Peragaan pemeliharaan preventif
  7. Instruksi


        E. Shitsuke (Pembiasaan)

-Melakukan pekerjaan berulang-ulang sehingga secara alami dapat  melakukannya dengan benar
-Cara merubah kebiasaan buruk dan menciptakan kebiasaan baik
  •   Membuat peraturan dimana semua karyawan dilibatkan
  •   Setiap peraturan yang ditetapkan harus dikomunikasikan dengan         setiap       karyawan.
  •   Jika ada peraturan gagal untuk dilaksanakan, maka harus dibicarakan   kembali.
  •   Jika ada ketidaksesuaian, harus dilakukan usaha untuk membenahi       secara     benar.
-5S tidak akan berhasil tanpa pembiasaan





         4. Dimana 5S Dapat Diterapkan ?

                    Dimanapun tempat dimana sekelompok orang melakukan aktivitas seperti dirumah, tempat kerja (bengkel, kantor, rumah sakit dll) dapat diterapkan kegiatan 5S. Perbedaan pada setiap tempat kerja hanya barang atau informasi yang dihadapi. Sebagai contoh di bengkel menangani barang atau komponen, sedangkan kantor menangani informasi atau dokumen.


Aplikasi 5S di Workshop

Aplikasi 5S di Kantor










Prosedur Keselamatan Kerja

Asslamualaikum wr.wb

       Bicara tentang otomotif pasti udah gak asing dengan yang namanya mekanik. Yup dialah yang sangat berjasa saat kendaraan kitra sedang rusak. Gak sembarangan orang bisa jadi mekanik profesional, ada sih mekanik-mekanik pinggir jalan tapi apakah mereka mngerjakan kendaraan kita sesuai prosedure ?? gak juga kan, ada yang asal-asalan  ada juga yang sesuai prosedur.

       Nah kenapa sih kita harus sesuai prosedur ?? ini jawaban versi saya : unutk menghindari kejadian-kejadian yang tidak terduga seperti kecelakan pada diri sendiri atau kendaraan. Nah setiap dealer-dealer resmi pasti mrereka mengutamakan yang namanya prosedur, mengapa ? ya itu tadi agar tidak terjadi sesuatu kecelakaan yang tidak diinginkan pada karyawannya atau kendaraan milik customer. Kalo ada kenapa-kenapa kan nama perusahaan itu sendiri yang jelek, bener gak ??

      Apa saja sih garis besarnya tentang "Prosedur keselamatan kerja" ? yaa untuk yang digunakan diri kita sendiri bisa seperti pakaian kerja/wearpack, topi kerja, safety shoes dll. Nah dipostingan kali ini saya mau ngasih materi tentang "Prosedur Keselamatan Kerja". Pada prinsipnya sih sama saja kok cuma materinya kali ini saya menggunakan objek truk, yaa dikarenakan saya bekerja di Dealer resmi truck. Nah materi ini juga menjadi bahan persentasi saya di bengkel kepada anak-anak magang atau anak-anak yang baru masuk.

       Penasaran seperti apa sih bentuk materi saya ini tentang "Prosedur keselamatn Kerja" yang saya persentasiin ?? nih tinggal klik aja link dibawah ini. Tapi jika ada kekurangan mohon dimaafkan yaah, maklum saya juga manusia dan belum jadi profesional. Kalo ada kesalahan bisa sharing dicoment sambil diskusi.

Kamis, 14 Januari 2016

Overhaule Differential HINO seri 500

Asslamualaikum wr.wb

       Otolovers sudah pada tau dong truck yang merknya HINO ?? iyaa itu yang identik dengan warna hijau walaupun sekarang banyak warna lain. Atau otolovers disini ada yang kerjanya jadi teknisi HINO ?? Kali ini saya mau bagi-bagi ilmu tentang "Overhaule Differential HINO seri 500".

      Oke buat yang awam HINO itu ada 5 type yaitu Seri 300, Seri 500 Ranger, Seri 500 All New Ranger, Seri 700, Seri Bus. Nah Seri 300 ini namanya DUTRO, Dutro itu juga dibagi-bagi lagi menjadi beberapa jenis/type. Untuk yang Seri 500 namanya Hino Ranger dan All New Ranger, Ranger juga dibagi-bagi lagi menjadi beberapa jenis atau type. Untuk Seri 700 namanya Hino Profia. Nah untuk yang Seri Bus ini namanya itu di ambil dari nama mesinnya, untuk jenis mesinnya bernacam-macam.

      Untuk mau lebih kenal deket lagi sama yang namanya truck Hino, silahkan kunjungi postingan saya yang pertama kali saya buat atau kunjungi langsung aja website resminya Hino Indonesia di sini.

       Tapi untuk kali ini saya mau ngebahas yang Seri 500 yang bagian sistem penggerak roda belakang atau biasa dipanggil Differential. Di makalah ini saya mau ngasih teori sedikit tentang differential dan prosedure perbaikan differential. Differential ini diperbaiki karena ada suatu kerusakan yang biasa disebut noise atau terdapat bunyi dengungan didalam gardan atau differential. Bunyi dengung ini banyak penyebabnya tapi rata-rata sih penyebabnya itu karena si truck ini dikasih muatan berlebihan yang gak sesuai standart. Nah karena bunyi dengungan sedikit ini aja kita harus mencari sumber bunyinya dimananya maka mau gak mau kita harus bongkar gardan / differential sampai komponen yang terkecilnya.

       Oke langsung aja saya kasih link nya buat abang-abang sekalian buat dipelajarin siapa tau kepake pas ada trouble dibengkelnya. Ohiya makalah ini gak diutamankan untuk mekanik Hino aja loh, anak sekolah juga boleh ngebaca kali aja bahan prakteknya truck juga jadi bisa coba pas praktik disekolah. nih tinggal klik aja bang .


    MATERINYA

       Selamat menikamti yaa membacanya jangan lupa siapin kopi rokok sama gorengan buat nemenin bacanya Kalo ada yang belum ngerti bisa tanya aja langsung di coment yaa bnag, insya Allah saya jawab semampu saya. Dan apabila ada kesalahan penulisan dan prosedure perbaikan yang berbeda dari makalah saya tolong dimaklumi ya, maklum saya juga masih belajar ini hehhee.

       Oke wassalamualaikum wr.wb

Selasa, 12 Januari 2016

Sistem Wiring Harness

Asslamualaikum wr.wb

       Haloo otolovers pengunjung blog, kali ini saya akan membagikan materi yang berhubungan dengan kabel-kabel. Pasti tau dong apaa ?? Yuppp tentang "Sistem Wiring Harness" Taukah apa itu wiring harness, yaa semua yang berhubungan dengan kelstrikan seperti lampu-lampu pada kendaraan, klakson, ac, radio dll.

       Sebenernya saya kurang terlalu menguasai materi tentang wiring harness ini karena yang menguasai materi ini adalah teman saya yang membuat makalah ini. Mungkin karena sudah nyerah duluan ngeliat kabel-kabel kusut jadi malesin duluan deh. Ya, karena sistem wiring harness ini tidak semua teknisi bisa menguasai sistem ini ada spesialis-spesialis tertentu yang benar-benar mendalami tentang sistem ini, karena tau sendiri lah resikonya kalo udah teledor atau ceroboh yang pasti konslet nah abis konslet kebakaran deh hahahah jangan sampe yaa.

       Tapi jangan salah juga loh spesialis "Sistem Wiring Harness" ini bayarannya lebih mahal dari teknisi-teknisi biasa yaa karena tadi resikonya itu. Nah bagi kalian yang pengen mendalami dasar-dasar wiring harness bisa disimak materi dari kelompok saya ini. 

        Untuk teman saya ini dia berbeda tempat PSG nya, bukan di AUTO2000 atau TAM melainkan di TUNAS Toyota, tapi ga ngaruh lah mau dimanapun tempat magangnya yang penting kan isi dari materinya yang sangat bermanfaat buat kita. Yaa gak !!!!!

       OKe gan langsung disimak aja yaaa materinya, dan jangan lupa kalo kakak atau adik yang punya tugas tentang ini boleh kok copy paste dari materi saya ini =))



Sistem Starter "Teori & Perawatan Berkala"

Asslamualaikum wr.wb

      Berjumpa lagi dengan saya penghuni blog yang pengunjungnya sangat sedikit =), dipostingan kali ini saya masih tetap akan sharing tentang apa yang saya kerjakan dengan teman saya sewaktu kita PSG ditempat kami masing-masing.

       Materi kali ini adalah tentang "Sistem Starter", ada yang udah tau belum fungsi dari sistem starter ?? jangan cuma bisa pake aja harus tau juga fungsi dan perawatannya bagaimana. Nah disini kami akan membagikan materi "Teori & Perwatan Berkala Sistem Starter". Disimak ya om tante biar kalo rusak dan ada waktu nganggur bisa benerin sendiri tuh starter tanpa perlu keluar uang banyak tapi jangan lupa siapin gorengan sam kopi buat nemeninnya.

       Tenang materi ini juag bisa referensi buat anak SMK yang mau UTS atau UAS. Dijamin deh kalo ngikutin benr-bener ini materi yakiin 100% bisa ngerjain soal materi sistem starter dengan baik dan benar, yaaa minimal dapet nilai 80 deh wkwkwwk.

       Seperti biasa materi ini saya bagikan bentuk makalah yaa tapi hanya bagian yang isi dan penutupnya saja yaa, kalo cover kakak atau adik bisa bikin sendiri laah yaa. Yowiis monggo di baca atau copy paste materi nya.


Teori & Troubleshooting Sistem Pendingin

Asslamualaikum wr.wb

       Kakak atau adik disini pasti ada yang sekolahmnya di SMK Jurusan Otomotif atau ingin masuk SMK Jurusan Otomotif ?? Nah nah yang udah atau lagi sekolah pasti gak asing dengan yang namanya Sistem Pendingin pada kendaraan roda 4 atau yang belum tau sangat ingin tau apa sih itu Sistem Pendingin pada kendaraan ??

       Sistem Pendingin disini yang dimaksud adalah Radiator. Pasti udah pernah denger dong yang namanya radiator. Disini kita akan membahas tentang "Teori & Troubleshooting Sistem Pendingin", sebenernya materi ini lebih pas untuk siswa kelas 3 SMK soalnya yang kita bahas udah trobleshooting atau pemecahan suatu masalah yang terjadi di Sistem Pendingin. Tapi gapapa kok yang mau belajar dari sekarang biar nanti dikelas 3 dibilang pinter hahhahha.

       Materi ini hasil Project work kelompok saya dan teman-teman saya sewaktu PSG (Pendidikan Sistem Ganda)  walaupun saya PSG nya bukan di General Repair tapi saya dan teman saya disuruh buat Project Work tentang General Repair.

      Silahkan langsung klik aja link dibawah kalo yang mau lihat-lihat aja atau copy paste juga boleh kok, tapi copy patenya yang pinter yaa =)) hehehehe


Senin, 11 Januari 2016

Metode Perbaikan Panel


       Salam hangat dari penghuni blog yaitu saudara Andri Bustanul Arifin, kali ini saya share materi tentang dunia Otomotif khususnya Body Reapair. Nah, di posatingan sebelumnya kan saya udah pernah ngasih materi tentang "Metode Perbaikan Panel Dengan Washer Welder", di dalam materi itu dijelaskan cara memperbaiki panel yang penyok untuk kembali seperti semula dengan alat yang bernama Washer Welder. Nah seharusnya postingan saya kali harusnya diposting sebelum materi itu tapi karena sudah terlanjur ya sudahlaah tidak apa-apa.

      Oke untuk materi saya kali ini yaitu dikhususkan untuk fungsi dari penggunaan alat Washer Welder itu sendiri. Penasaran kan ??? Ohiya ini bentuknya makalah yaa, makalah ini hasil kerja kelompok sama temen-temen, Biasa yang kerja ya kerja yang kelompok ya kelompok wkwkwk.

      Oke yang mau copy paste untuk tugas sekolah, tapi yang sekolahnya di SMK jurusan otomotif tentunya yaa, jurusan lain sih bisa tapi resiko tanggung sendiri yaa kalo di ocehin sama guru kejuruannya masing-masing =)). Dan tinggal klik link yang ada dibawah ini aja yaa