Assalamualaikum wr.wb
Selamat datang kembali di blog saya yang kurang indah dilihat, maklum masih pemula hehehe. dan kali ini saya akan berbagi pengalaman yng saya dapat saat PSG (Pendidikan Sistem Ganda) di AUTO2000 Bekasi Timur.
Yaaa memang orang laion menyebutnya dengan PKL (Praktik Kerja Lapangan) / PraKerIn (Praktik Kerja Industri), istilah ini digunakan di SMK-SMK. Yaa, kalo SMK biasa yang pendidikan 3 tahun PKL nya itu gak sampe 6 bulan, lain halnya dengan SMK saya yang pendidikannya 4 tahun, 3 tahun belajar disekolah dan 1 tahun ditempa di Industri.
Yup kebetulan sekali saya dapat masuk di SMK yang 4 tahun itu yaitu di SMK N 26 Pembangunan Jakarta Jurusan Otomotif. Dalam otomotif itu terbagi lagi 2 keahlian yaitu bagian General Repair dan Body Paint Repair.
General Repair itu dikhususkan untuk menagani bagian-bagian mesin dkk nya pada kendaraan, dan di Body Paint Repai dikhususkan menangani penampilan pada mobil yaitu memperbaiki kerusakan pada body kendaraan seperti penyok dll dan pengecatan sampai mobil terlihat seperti baru lagi. Dan saat pemilihan penempatan PSG saya memilih bagian Body Paint repair dan alhamdulillah saya di tempatkan di AUTO2000 Bekasi Timur lumyan deket lah dari rumah jadi gk usah pake ngekos-ngekos segala.
Untuk tugas akhir saya, saya membuat materi tentang "Metode Perbaikan Rocker Panel Dengan Menggunakan Washer Welder". Untuk lebih jelas tentang prosedurenya silahkan tonjok link dibawah ini
Sabtu, 09 Januari 2016
Kamis, 07 Januari 2016
Spray Gun
AIR SPRAY GUN
A. PRINSIP AIR SPRAY GUN
Gambar 1 Air Spray Gun
1. Air Spray Gun
Air spray gun menggunakan udara bertekanan untuk menga-
tomisasi cat pada suatu permukaan.
2. Prinsip dari spray painting (Pengecatan Semprot)
Prinsip dari spray painting adalah sama seperti halnya
pada atomisasi. Apabila udara
bertekanan dikeluarkan dari lubang udara pada air cup maka suatu tekanan
negative akan timbul pada ujung fluida, yang selanjutnya menghisap cat pada
cup. Kemudian cat yang dihisap ini disemprotkan sebagai cat yang diatomisasi
(dikabutkan), dan arena tekanan udara pada lubang didalam air cap.
B. TIPE
AIR SPRAY GUN
Dalam
garis besarnya, air spray gun dibagi menjadi 3 tipe yaitu:
1. Tipe Umpan-berat (Gravity-feed)
1.1 Metode
Suplai Cat
Paint
cup ditempatkan diatas fluid tip dari spray gun. Cat disuplai ke fluid tip oleh
beratnya sendiri, sama baiknya dengan daya hisap yang ditimbulkan pada bagian
fluid tip.
1.2.
Keuntungan
Fluktuasi
jumlah cat yang dikeluarkan oleh karena variasi viskositasnya bias dijaga pada
tingkat minimum.
1.3 Kerugian
Tidak
sesuai untuk oprasi pengecatan yang terus menerus, pada area kerja yang luas
karena kecilnya kapasitas cup.
Gambar 2 Spray Gun Tipe
Umpan-Berat
2. Tipe Umpan-hisap (Suction-feed)
2.1. Metode Suplai Cat
Paint
cup berada dibawah fluid tip dan spray gun. Cat disuplai oleh daya hisap
yang ditimbulkan pada bagian fluid tip.
2.2. Keuntungan
Sesuai untuk penyemprotan pada area kerja yang luas
karena kapasitas cup besar.
2.3. Kerugian
Spray gun berat karena kapasitas cup besar.
Gambar 3 Spray Gun Tipe Umpan
Hisap
3. Tipe Tekanan (Compression)
3.1. Metode Suplai Cat
Paint tank dan spray gun dibuat secara terpisah. Cat
ditekan di dalam paint tank oleh udara bertekanan atau pompa yang disuplai ke
spray gun.
3.2. Keuntungan
Sesuai untuk operasi pengecatan yang terus menerus pada
area yang luas. Dapat digunakan dengan cat berviskositas tinggi.
3.3. Kerugian
Tipe ini tidak sesuai untuk pekerjaan cat pada area yang
kecil.
Gambar 4 Spray Gun Tipe Kompresi
C.
KONSTRUKSI AIR SPRAY GUN
Air spray gun terdiri dari
beberapa komponen utama yaitu :
1.
Sekrup Penyetel Fluida (Fluid Adjusting Screw)
Komponen yang
digunakan untuk menyetel/mengatur jumlah keluarnya cat. Mengencangkan sekrup
akan mengurangi jumlah cat yang keluar, dan sebaliknya mengendorkan sekrup akan
menambah jumlah cat yang keluar. Mengencangkan cat secara penuh akan
menghentikan aliran cat.
2. Sekrup Penyetel Fan Spreader
Komponen yang
digunakan untuk menyetel/mengatur pola semprotan. Mengendurkan sekrup akan membuat
pola oval (lonjong), dan mengencangkan sekrup akan membuat lebih bulat. Pola
oval cocok untuk area kerja yang besar, sedangkan pola bulat cocok pada area
yang lebih kecil.
3. Sekrup Penyetel Udara
Komponen yang
digunakan untuk menyetel/mengatur tekanan udara yang keluar. Mengendorkan
sekrup penyetel akan mengurangi tekanan udara, dan mengencangkan sekrup
penyetel akan mengurangi tekanan udara. Mengencangkan sekrup penyetel sepenuh
langkah akan menghentikan tekanan udara. Tekanan udara yang tidak cukup, akan
mengurangi atomisasi cat. Dan tekanan udara yang berlebihan akan menyebabkan
cat terpecik, jadi akan akan menambah jumlah cat yang keluar.
4. Fluid Tip
Fluid tip mengatur dan mengarahkan jumlah cat dari spray
gun ke dalam air stream. Pada fluid ti terdapat suatu taper (ketirusan). Pada
saat needle (jarum) menyentuh taper ini, aliran cat dihentika. Apabila cat
dikeluarkan, maka jumlah keluaran ini akan tergantung pada ukuran pembukaan
fluid tip disaat needle menjauhi tip.
Yang biasa digunakan dalam pengecatan (refinishing)
adalah fluid tip 1,3mm. Oleh karena air cap, fluid tip dan needle mempengaruhi
kualitas pola semprotan dan akhirnya, maka kesemuanya itu disiapkan dalam
bentuk set dan dikenal dengan sebutan kombinasi nozzle. Hal yang perlu
diperhatikan sebelum memilih air cap, needle, dan fluid tip adalah:
a.)Tipe
cat.
b.)Model
gun.
c.)Oprasi
gun.
d.)Kualitas
hasil akhir.
5. Air Cap
Air cup mengeluarkan udara, untuk membantu atomisasi
cat. Air cap memiliki lubang-lubang sebagai berikut:
a.)Lubang udara tengah: membuat kevakuman pada fluid
tip dan menyemprotkan cat.
b.)Lubang udara kontrol fan: menggunakan tekanan
udara kompresor untuk menentukan bentuk pola semprotan. Lubang ini menyebabkan
atomisasi pada cat.
Fungsi lain dari air cap adalah untuk mengubah arah pola
semprotan, yaitu dengan cara memutar air cap.
Gambar 5
air cup
6. Tringer
Komponen yang digunakan
untuk mengatur keluar tidaknya udara dan
atau cat. Tregger bekerja dalam dua tahap. Menarik trigger pada permulaan akan
membuka air valve (katup udara), sehingga hanya udara saja yang menyemprot.
Menarik trigger lebih lanjut akan menyebabkan needle (jarum) terbuka, sehingga
cat menyemprot bersamaan dengan udara. Tipe konstruksi inidirancang untuk
membuat atomisasi yang konsisten pada saat trigger ditarik.
D. TEKNIK AIR
SPRAY GUN
1. Bagaimana Cara Memegang Spray Gun
Biasanya, spry gun ditahan dengan ibu jari, telunjuk dan
kelingking, sedangkan trigger ditarik dengan jari tengah dan jari manis.
2. Menggerakan Spray Gun
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam
menggerakan spray gun yaitu:
2.1.
Jarak spray gun
Jarak antara spray gun dan permukaan panel yang dicat
harus diperhatikan. Apabila spray gun dipegang terlampau dekat dengan permukaan
yang dicat, maka akan berakibat jumlah cat yang teraplikasi menjadi lebih
banyak dan menghasilkan lapisan yang lebih tebal dan dapat meleleh. Sebaliknya
apabila spray gun dipegang pada jarak yang lebih jauh, volumenya berkurang
sehingga akan menghasilkan cat yang tipis dan kasar.
Jarak ideal ditentukan oleh tipe cat, spray gun dan
metode pengecatanyang digunakan. Biasanya 100mm-200mm cocok untuk warna solid.
Untuk hasil yang inform (sama), sangat perlu untuk menjaga jarak agar
konsisten, sekalipun pada permukaan yang tidak rata.
2.2. Sudut spray gun
Merupakan orientasi (arah) daripada spray gun dalam
hubungannya terhadap permukaan panel. Spray gun harus dipegang tegak lurus
secara konsisten terhadap permukaan panel, baik pada arah vertikal atau
horizontal. Jika tidak, maka hasil kurang rata.
2.3. Kecepatan Langkah
Kecepatan dimana spray gun digerakan disebut kecepatan
langkah. Apabila kecepatan terlampau rendah, maka akan terjadi lapisan yang
tebal dengan lelehan, bila terlalu cepat, maka akan terjadi lapisan yang tipis.
Demikian pula bila kecepatan langkah tidak sama, cenderung akan menghasilkan
lapisan yang tidak rata. Untuk pengecatan kembali,biasanya kecepatan langkah
yang sesuai adalah antara 900 sampai 1.200mm/detik.
2.4. Pola Tumpang Tindih
(overlapping)
Pada saat cat dikeluarkan oleh spray gun, maka pola
semprotan yang lebih tipis didekat tepi darin pada bagian tengahnya, oleh sebab
itu, untuk mendapatkan lapisan yang merata, maka pola semprotan perlu memiliki
ketebalan yang merata pula. Lebar overlapping yang pas kira-kira adalah ½
sampai 2/3 pola semprotan.
Gambar 6 pola tumpang tindih
Penting untuk menjaga keseimbangan yang baik dan membuat
pola tumpang-tindih yang konsisten. Jika tidak, akan menghasilkan ketebalan
lapisan yang tidak merata, dan dapat menimbulkan cacat pada cat.
Gambar 7 pengecetan yang benar dan salah
E. MEMBERSIHKAN AIR SPRAY GUN
Air
spray gun harus selalu dibersihkan setelah digunakan. Jika tidak, maka cat akan
menyumbat gun dan gun tidak dapat digunakan lagi. Jika cara membersihkannya
salah, dapat berakibat pada kerusakan, dan fungsi gun menjadi buruk serta
bocornya cat.
1. Membersihkan
Spray Gun Tipe Umpan Berat (Gravity-feed)
a.) Keluarkan cat yang masih
tertinggal dalam paint cup. Kemudian tarik trigger untuk mengeluarkan cat yang
tertinggal didalam spray gun.
b.) Tuangkan thiner kedalam paint cup, kemidian semprotkan thiner beberapa kali.
c.) Siapkan kain lap didepan
air cap, dan tarik trigger untuk membilas spray gun dengan udara kompresor.
d.) Bersihkan paint cup dengan
sikat bulu.
e.) Ulang step a, b, c, dan d
beberapa kali sampai thiner jernih. Kemudian bersihkan air spray gun dengan
menggunakan sikat bulu.
f.) Lepaskan air cap dan
bersihkan fluid tip dengan menggunakan sikat bulu.
Pada saat membersihkan air cap dengan sikat bulu.
Berhati-hatilah agar cup tidak menjadi rusak pada saat dibersihkan, karena
kondisi lubang udaranya sangat berpengaruh pada bentuk pola semprotan. Jangan
menggunakan jarum, kawat atau sikat untuk membersihkan. Apabila sulit
dibersihkan cat yang kering rendamlah air cap didalam lacquer thiner untuk
melemahkan cat kering tersebut, kemudian bersihkan air cap menggunakan kain
lap, keringkan thiner yang menempel, dan rakit kembali air cap. Tuangklan
sedikit thiner yang bersih kedalam paint cup,sedikit thiner akan membantu
mencegah saluran cat menjadi tersumbat.
2. Membersihkan
Spray Gun Tipe Umpan-hisap (Suction-feed)
a.) Lepaskan paint cup. Gunakan kain lap didepan air cap, dan tarik
trigger untuk membilas cat yang tertinggal didalam saluran.
b.) Keluarkan cat yang tertinggal didalam paint cup, menggunakan sikat
bulu, bersihkan bagian lua dan dalam paint cap.
c.) Tuangkan thiner pembersih kedalam container dan tarik trigger untuk
mengeluarkan thinner. Kemudian, menggunakan teknik seperti step a, bilas
thinner pembersih. Ul;angi proses ini beberapa kali sampai thinner pembersih tampak
jernih.
d.) Bersihkan air spray gun
dengan menggunakan sikat bulu.
e.) Lepaskan air cap, dan
bersihkan fluid tip menggunakan sikat bulu.
f.) Bersihkan air cap, dengan
teknik seperti step a.
F. KESIMPULAN
Air sprai gun bekerja menggunakan prinsip atomisasi
udara dan cat. Sehingga pada saat dikeluarkan oleh air cap adalah berupa cat
yang dikabutkan. Air spray gun dibagi menjadi 3 tipe yaitu tipe tekanan (compression),
tipe umpan-hisap (suction-feed), dan tipe umpan-berat (gravity-feed) dan dari
berbagai jenis spray gun tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan
masing-masing.
Dalam menggerakan air spray gun ada empat hal yang harus
diperhatikan yaitu jarak spray gun, sudut spray gun, kecepatan spray gun,
kecepatan langkah, dan pola tumpang tindih (overlaping).
Setelah spray gun digunakan harus segera dibersihkan,
agar tidak ada cat yang mengering dan akhirya menyumbat air cap. Pada saat
membersihkan juga harus sesuai dengan SOP. Sehingga fungsi gun tetap bekerja
dengan baik dan tidak terjadi kebocoran.
Selasa, 05 Januari 2016
Dimensi Kendaraan
Assalamualaikum wr.wb
Salam sejahtera bagi kita semua para
pembaca semuanya. Ya di artikel ini saya akan membahas seputar dunia otomotif
khususnya kendaraan roda 6 atau lebih. Loh kok roda 6 atau lebih ?? Yup karena
kita akan membahas tentang truck, dan saya ambil sample truck dengan merk HINO.
Kenapa HINO ?? Karena saya bekerja di dealer HINO hehehe udah gak usah banyak
nanya lagi yaaa.
Dan kita akan membahas tentang
isitilah-istilah “Dimensi Kendaraan”/ukuran-ukuran dari suatu kendaraan. Kenapa
sih kita perlu tau istilah-istilah itu ?? Yup, agar kita tidak dibodoh-bodohi
saat kita ingin membeli kendaraan disebuah dealer mobil. Seenggaknya biar kita
keliatan pinter dan tau tentang seluk-beluk spesifikasi mobil di depan
salesnya. Hehehe bisa aja lu bang padahal mah ngerti banyak juga enggak.
Oke deh langsung aja yaa otoloves kita
kasih nih sedikit istilah dan pengertian dari “Dimensi suatu Kendaraan”
1.OL(Overall Length)/Panjang Total = Menunjukan
panjang kendaraan dari ujung bumper depan sampai ke bagian belkang.
2.OW(Overall Weight)/ Lebar Rotal = Menunjukan
lebar kendaraan termasuk bumper, molding, lampu-lampu dan lainnya diukur dari
sisi yang paling menonjol keluar.
3.OH(Overall hight)/Tinggi Total = Menunjukan
tinggi kendaraan diukur tanpa beban dan pengemudi, tetapi kondisi bahan bakar
harus penuh, pendingin dan perlengkapan standart termasuk ban cadangan.
4.WB(Wheel Base 1 + 2)/Jarak Sumbu Roda = Menunjukan
jarak antara garis tengah axle bagian depan dengan garis tengah axle bagian
belakang.
5.FT(Front Tread) Lebar jejak Depan = Menunjuakan
jarak antara garis tengah ban depan bagian kanan dan kiri.
6.RT(Rear Tread) Lebar jejak Belakang = Menunjukan
jarak antar garis tengan ban belakang bagian kanan dan kiri.
7.FOH(Front Overhang) Julur Depan = Jarak dari
sumbu roda deapn bagian terdepan dari kendaraan (termasuk bumper).
8.ROH(Rear Overhang) Julur Belakang = Jarak dari
sumbu roda belakang dengan ujung paling belakang dari kendaraan (termasuk
bumper).
9.CA(Center Axle) Jarak Kabin ke Pusat Sumbu Belakang = Jarak dari
sumbu roda belakang dengan kabin bagian belakang.
10.GVW(Gross Vehicle Weight) = Berat total
kendaraan yang diijinkan berdasarkan pertimbangan hukum dan kekuatan kendraan.
Perhitungannya adalah berat kendaraan kosong + 3 orang crew(rata-rata per orang
65kg) + berat muatan.
11.CW(Curb Weight) = Berat
kendaraan kosong tanpa beban dan pengemudi. Dala menghitung CW bahan bakar,
minyak pelumas, air pendingin dan perlengkapan standart termasuk didalamnya.
12.CM(Chassis Mass) Berat Chassis = Berat chassis
secara keseluruhan (termasuk bahan bakar, minyak pelumas dan air
pendinginpenuh) tanpa ban cadangan dan perlengkapan standart.
Nah, itu dia sedikit penjelasan tentang
istilah “Dimensi Kendaraan”. Dan, sebenarnya artikel ini sangat cocok untuk
bos-bos yang mau mempunyai usaha dibidang transportasi/jasa
angkutan. Tapi agan/aganwati yang sudah terlanjur membacanya tidak usah
menyesal mungkin saja artikel ini sangat bermanfaat dilain waktu atau nanti
dari para agan/aganwati akan menjadi pengusaha sukses dibidang transportasi.
Amiin Ya Robbal Alamiiin
Okeeh sekian artikel dari saya, mohon
dimaafkan jika ada kesalahan penulisan karena kesalahan itu datangnya dari
manusia dan kesempurnaan itu adanya di Sang Pencipta Alam Semesta.
Ohiya jangan lupa kasih kritik dan sarannya
yaa agan/aganwati !!!
Wassalamualaikum wr.wb
Dasar-Dasar Mesin
Assalamualiakum wr.wb
Salam sejahtera bagi kita
semua para pembaca yang dimuliakan Tuhannya masing-masing. Dalam kesempatan ini
saya akan mengarang yang sesuai kenyataan dalam buku tentang dunia otomoteif
khususnya “Dasar-Dasar Mesin”.
Artikel ini cocok banget buat kalian yang melanjutakan ke jenjang SMK di
jurusan otomotif, biar nanti pas pertama masuk kelas keliatan agak pinter atau
ngerti daripada murid-murid yang lain.
Oke mulai aja yaah =))
Pertama-tema pasti dalam
benak masing-masing agan/aganwati berfikir kenapa ko mobil bisa jalan gitu aja
?? bener gak. Yup karena ada rodanya, hehehe iyalaah bos (kalo gak ada rodanya
ntar ngesot). Maksudnya kenapa kok rodanya itu bisa berputar dan berjalan ??
jawabannya “Karena adanya tenaga
penggerak”. Pada kendaraan bermotor tenaga pengerak ini disebut “mesin atau motor”. Pengertian
dari mesin itu sendiri adalah suatu
mekanisme atau alat yang merubah sumber tenaga seperti panas, angina, air,
listrik tenaga atom atau sumber tenaga lainnya menjadi tenaga mekanik (gerak).
Mesin yang merubah energy
panas menjadi energy mekanik disebut motor bakar. Untuk cara memperoleh
panasnya, motor bakar dibagi lagi menjadi 2 yaitu
motor pembakaran dalam (internal
combustion engine) dan motor
pembakaran luar (external combustion engine).
Internal Combustion Engine
adalah suatu mesin yang untuk memperoleh panasnya dan proses pembakaran bahan
bakarnya berlangsung didalam mesin itu sendiri. Ada beberapa contoh dari
Internal Combustion Engine, yaitu :
1. Mesin Bensin
2.Mesin Diesel
3. Mesin Jet
4.Mesin roket
5.Dll.
Sedangakn, External Cobustion Engine
adalah suatu mesin yang memperoleh panas dan proses pembakaran bahan bakarnya
berlangsung diluar mesin itu sendiri. Adapun contoh dari External Combustion
Engine yaitu :
1.Mesin Uap
2.Mesin Nuklir
3.Mesin Turbin
Pada zaman ini hamper semua kendaraan
bermotor menggunakan mesin bensin dan mesin diesel sebagai penggeraknya. Kenapa
motor bensin atau diesel ? Kenapa gak mesin jet atau roket biar kita jalannya
cepet dan sampe kantor gak kena macet ? yakalii dijakarta pake mesin begituan
hahahaha yang ada meledak tengah jalan kalo kena macet.
Okee kembali lagi ke pertanyaan “Kenapa
harus mesin bensin atau mesin diesel ?”, karena kedua mesin itu mempunyai
syarat-syarat sebagai berikut :
1.Harus kompak
2.Ringan
3.Bertenaga besar
4.Tidak memakan tempat
5.Dapat menghasilkan
kecepatan tinggi dan
6.Sedikit menimbulkan suara
Nah itu dia syarat-syarat yang harus ada di kendaraan bermotor,
bayangin aja kalo pake mesin jet atau mesin roket syarat no 2,4 dan 6 tidak
masuk kriteria kan. Kalo agan/aganwati maksa pengen pake mesin gituan silahkan
aja tapi resiko tanggung sendiri yaa, kaya diterikin warga sekitar bisa-bisa
dikeroyok sama warga karena suara mesinnya berisik dan gede banget.
Mesin bensin dan mesin
diesel pun punya karateristik masing-masing loh, nih saya jabarkan karateristiknya
masing-masing,
Karaterisitk mesin bensin :
1.Putaran mesin
lebih tinggi dan tenaga besar
2.Mudah
dioperasikan
3.Pembakaran lebih
sempurna
4.Ukuran dapat
dibuat kecil dan ringan
5.Suara mesin
lebih halus
Nah banyak contoh disekitar kita
kendaraan roda 4 yang menggunakan mesin bensin agan/aganwati juga pasti udah
tau lah kaya Toyota Yaris, Avanza, Honda Brio, Jazz dan masih banyak lagi (kalo
bingung itu mobil mesinnya apa liat aja di STNK nya, hehehehe)
Karateristik mesin diesel :
1.Efisiensi
pananya tinggi
2.Torsi besar pada
puataran mesin yang rendah
3.Mudah
dioperasikan
4.Kecepatan mesin
lebih rendah daripada motor bensin
5.Getaran besar
dan berisik (saat ini tidak semua, banyak yang sudah menggunakan peredam
getaran pada mesin)
6.Membutuhkan
konstruksi yang kuat
7.Hemat bahan
bakar
Contoh merk mobil yang menggunakan mesin
diesel yaitu Toyota Innova (diesel) karena Innova juga ada yang mesin bensin,
sama seperti Fortuner (ada yang bensin da nada yang diesel), Jeep, panther, dan
truck2 besar maupun kecil.
Dan saya cukupkan dulu yaah artikel kali
ini semoga bermanfaat bagi para pembaca. Mohon dimaafkan jika ada kesalan
penulisan dari sang penulis karena penulis juga manusia yang masih banyak
berdosa kepada sesame manusia.
Dan jangan lupa kritik sarannya yaa
agan/aganwati yang saya cintai !!!
Sekiaaaan
Wassalamualaikum wr.wb
Senin, 04 Januari 2016
Training Hino
Assalamualaikum wr.wb
Salam sejahtera bagi kita semua. Pertama-tama mari kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa looh !!! kaya mau pidato aja yaa.
Oke bro kali ane akan berbagi cerita saat ane training "Pengenalan Produk Hino" di Hino Training Center Jatake, Tangerang. Tau gak tempatnya ? cek aja di google maps lah hheehe
Berawal saya bekerja di Dealer PT Armindo Perkasa (AUTHORIZED HINO DEALER) / Dealer Resmi HINO pada Oktober 2013, pada bulan April 2014 saya diberi kesempatan untuk training DUTRO maksudnya Training dengan tema "Pengenalan Produk HINO Dutro" nah disana saya diperkenalkan secara detail dan sangat spesifik tentang HINO Dutro tersebut mulai dari rangka, mesin, body, kalo ditruck dan bus itu ada istilah namanya "karoseri" (bagian belakang truck seperti bak, flat, dump truck, mixer (atau orang bilang truk molen), pemadam kebakarn dll. Tapi kita kita membahas tentang itu.
Nah, untuk tingkatan training di Hino itu ada 4 tingkatan yaitu Junior HQS, Senior HQS, Profesional dan Spirit Master. untuk naik ke tingkatan selanjutnya itu diperlukan waktu minimal 1 tahun. Tapi untuk training Dutro itu sendiri tidak termasuk kedalam tingakatn Training Hino, itu hanya training pengenalan produk baru, ayng dimaskud "baru" disini adalah upgrade dari mesin dll nya kalo nama dari dulu tetap Dutro belum pernah ganti.
1. Junior HQS (Hino Quality Servuce)
Junior HQS itu adalh tingkatan pertama, saya juga baru Junior sih belum setahun untuk naik ke Senior HQS. Di Junior ini kita hanya mempelajari cara Merawat/Maintenance dari produk Hino itu sendiri seperti service berkala dan kerusakan ringan.
2. Senior HQS (Hino Quality Service)
Senior HQS adalah tingkatan kedua setelah Junior, di Senior kita diajarkan masih tentang Merawat/Maintenance tapi dengan skala kerusakan yang lebih besar contohnya overhaule engine, transmisi, differential dll.
3. Profesional
Profesional itu tingkatan ketiga setelah Senior,di Profesional ini kita tidak mempelajari tentang perawatan seperti di Junior dan Senior tapi kita mempelajari tentang trobleshooting/pemecahan masalah dari kendaraan tersebut. Seperti ada kendaraan datang dengan keluhan tenaganya kurang, nah ini yang turun tangan ialah seorang yang sudah training Profesional, Junior dan Senior juga boleh sih asal dipandu atau diinstruksikan darimseorang Profesional.
4. Spirit Master
Spirit Master ini adalah tingkatan keempat atau tingkatan terkahir dari training di Hino. Di Spirit Master kita sudah sangat harus menguasai isi dari seluruh kendaraan tersebut dan juga bisa memecahkan berbagai masalah/trouble dari kendaraan tersebut atau lebih baiknya seorang Spirit Master itu juga bisa menginovasi kendaraan tersebut agar kendaraan itu lebih baik dan nyaman.
Oke itulah artikel singkat tentang Training yang ada di Perusahaan HINO, jika nada berminat untuk bekerja diperusahaan Hino, silahkan anda kirim lamaran anda ke Delaer-dealer resmi hino yang terdekat dari kota anda tinggal. Tenang brooo, pasti bingung kan dimana aja dealer-dealer resmi Hino di sekitar anda ?? nih sayaa kasih lengkapnya langsung aja kunjungi website Hino nya di hino.co.id.
Yup sekian artikel singkat yang kurang jelas dari saya, kurang lebihya mohon maaf lahir bathin yaa =]]
Salam sejahtera bagi kita semua. Pertama-tama mari kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa looh !!! kaya mau pidato aja yaa.
Oke bro kali ane akan berbagi cerita saat ane training "Pengenalan Produk Hino" di Hino Training Center Jatake, Tangerang. Tau gak tempatnya ? cek aja di google maps lah hheehe
Berawal saya bekerja di Dealer PT Armindo Perkasa (AUTHORIZED HINO DEALER) / Dealer Resmi HINO pada Oktober 2013, pada bulan April 2014 saya diberi kesempatan untuk training DUTRO maksudnya Training dengan tema "Pengenalan Produk HINO Dutro" nah disana saya diperkenalkan secara detail dan sangat spesifik tentang HINO Dutro tersebut mulai dari rangka, mesin, body, kalo ditruck dan bus itu ada istilah namanya "karoseri" (bagian belakang truck seperti bak, flat, dump truck, mixer (atau orang bilang truk molen), pemadam kebakarn dll. Tapi kita kita membahas tentang itu.
Nah, untuk tingkatan training di Hino itu ada 4 tingkatan yaitu Junior HQS, Senior HQS, Profesional dan Spirit Master. untuk naik ke tingkatan selanjutnya itu diperlukan waktu minimal 1 tahun. Tapi untuk training Dutro itu sendiri tidak termasuk kedalam tingakatn Training Hino, itu hanya training pengenalan produk baru, ayng dimaskud "baru" disini adalah upgrade dari mesin dll nya kalo nama dari dulu tetap Dutro belum pernah ganti.
1. Junior HQS (Hino Quality Servuce)
Junior HQS itu adalh tingkatan pertama, saya juga baru Junior sih belum setahun untuk naik ke Senior HQS. Di Junior ini kita hanya mempelajari cara Merawat/Maintenance dari produk Hino itu sendiri seperti service berkala dan kerusakan ringan.
2. Senior HQS (Hino Quality Service)
Senior HQS adalah tingkatan kedua setelah Junior, di Senior kita diajarkan masih tentang Merawat/Maintenance tapi dengan skala kerusakan yang lebih besar contohnya overhaule engine, transmisi, differential dll.
3. Profesional
Profesional itu tingkatan ketiga setelah Senior,di Profesional ini kita tidak mempelajari tentang perawatan seperti di Junior dan Senior tapi kita mempelajari tentang trobleshooting/pemecahan masalah dari kendaraan tersebut. Seperti ada kendaraan datang dengan keluhan tenaganya kurang, nah ini yang turun tangan ialah seorang yang sudah training Profesional, Junior dan Senior juga boleh sih asal dipandu atau diinstruksikan darimseorang Profesional.
4. Spirit Master
Spirit Master ini adalah tingkatan keempat atau tingkatan terkahir dari training di Hino. Di Spirit Master kita sudah sangat harus menguasai isi dari seluruh kendaraan tersebut dan juga bisa memecahkan berbagai masalah/trouble dari kendaraan tersebut atau lebih baiknya seorang Spirit Master itu juga bisa menginovasi kendaraan tersebut agar kendaraan itu lebih baik dan nyaman.
Oke itulah artikel singkat tentang Training yang ada di Perusahaan HINO, jika nada berminat untuk bekerja diperusahaan Hino, silahkan anda kirim lamaran anda ke Delaer-dealer resmi hino yang terdekat dari kota anda tinggal. Tenang brooo, pasti bingung kan dimana aja dealer-dealer resmi Hino di sekitar anda ?? nih sayaa kasih lengkapnya langsung aja kunjungi website Hino nya di hino.co.id.
Yup sekian artikel singkat yang kurang jelas dari saya, kurang lebihya mohon maaf lahir bathin yaa =]]
About Me
Assalamualikum wr.wb
OKe, bolehkah saya memperkenalkan diri terlebih dahulu sevelum saya memberikan artikel-artikel yg ingin saya bagikan ke kalian (untuk semua kalangan loh) ?? "Boleh kok kak". Makasih adek-adek =))
Nama saya Andri Bustanul Arifin, TTL Lumajang, 24 Oktober 1994 (eh pada tau gak dimana kota Lumajang ??). Kalau kalian para pendaki gunung sejati pasti tau dimana letak kota Lumajang. Yup, tepat sekali itu di daerah sekitar Gunung Semeru (Gunung Tertinggi di Pulau Jawa atau bisa disebut oleh penduduk sekitar adalah Gunungnya para Dewa). Lanjut ke pengenalan diri, agama saya Islam (alhamdulillah bukan cuma KTP) hehehe. Saya di Lumajang cuma numpang lahir kok sampe 2 tahun abis itu sama orang tua saya, saya dibawa ke Jakarta. Akhirnya saya sekolah SD, SMP, SMK dan kerja sambil kuliah di Jakarta. Hobi saya Olahraga apa saja yang penting bikin sehat tapi keseringan sih olahraga yang berhubungan dengan bola kaya bola bekel gitu wkwkwkw gak lah itu cuma kadang-kadang kalo pengen modusin cewe doang main gituan. Tapi udah 4 tahun ini saya lagi demam sama yang namanya mendaki gunung loh. Gimana yah bukan ikut-ikutan anak alay sih, karena diajakin temen sekali abis itu ketagihan melihat keindahn hasil ciptaan Sang Pencipta woooow keren deh.
Ohiya, saya bekerja disalah satu Dealer otomotif khususnya truk yang merknya HINO, tau lah yang panjang-panjang warna ijo kebanyakan walaupun gk semuanya warna ijo sih. Nah di artikel selanjutnya saya ingin membagikan pengalaman saya waktu saya training di Pusat industri perbaikan dari truk HINO itu sendiri makanya langsung aja udahin perkenalannya. Tapi tenang biar gak pensaran sama saya saya kasih nih foto saya hehee jelek sih tapi rela bagi-bagi ??
Nah, ini waktu saya gathering karyawan dari kantor ke Lombok, keeceeee kan ?? Lomboknya sih bukan modelnya.
OKe, bolehkah saya memperkenalkan diri terlebih dahulu sevelum saya memberikan artikel-artikel yg ingin saya bagikan ke kalian (untuk semua kalangan loh) ?? "Boleh kok kak". Makasih adek-adek =))
Nama saya Andri Bustanul Arifin, TTL Lumajang, 24 Oktober 1994 (eh pada tau gak dimana kota Lumajang ??). Kalau kalian para pendaki gunung sejati pasti tau dimana letak kota Lumajang. Yup, tepat sekali itu di daerah sekitar Gunung Semeru (Gunung Tertinggi di Pulau Jawa atau bisa disebut oleh penduduk sekitar adalah Gunungnya para Dewa). Lanjut ke pengenalan diri, agama saya Islam (alhamdulillah bukan cuma KTP) hehehe. Saya di Lumajang cuma numpang lahir kok sampe 2 tahun abis itu sama orang tua saya, saya dibawa ke Jakarta. Akhirnya saya sekolah SD, SMP, SMK dan kerja sambil kuliah di Jakarta. Hobi saya Olahraga apa saja yang penting bikin sehat tapi keseringan sih olahraga yang berhubungan dengan bola kaya bola bekel gitu wkwkwkw gak lah itu cuma kadang-kadang kalo pengen modusin cewe doang main gituan. Tapi udah 4 tahun ini saya lagi demam sama yang namanya mendaki gunung loh. Gimana yah bukan ikut-ikutan anak alay sih, karena diajakin temen sekali abis itu ketagihan melihat keindahn hasil ciptaan Sang Pencipta woooow keren deh.
Ohiya, saya bekerja disalah satu Dealer otomotif khususnya truk yang merknya HINO, tau lah yang panjang-panjang warna ijo kebanyakan walaupun gk semuanya warna ijo sih. Nah di artikel selanjutnya saya ingin membagikan pengalaman saya waktu saya training di Pusat industri perbaikan dari truk HINO itu sendiri makanya langsung aja udahin perkenalannya. Tapi tenang biar gak pensaran sama saya saya kasih nih foto saya hehee jelek sih tapi rela bagi-bagi ??
Kalo yang ini taulah dimana ?? Yup di Ranukumbolo perjalanan ke puncak Mahameru. Saya yang pojok kirin pake coverbag warna kuning. Kapan-kapan saya kasih foto2 saya dan teman-teman saya yang di Semeru deh tenang aja.
Oke deh sekian perkenalan dari saya kepanjangan yaah. Maaf saking seriusan ngetiknya wkwkwk.
Wassalamualaikum wr.wb . bye . =]]
Langganan:
Postingan (Atom)