Sabtu, 09 Januari 2016

Metode Perbaikan Panel Dengan Washer Welder

Assalamualaikum wr.wb

       Selamat datang kembali di blog saya yang kurang indah dilihat, maklum masih pemula hehehe. dan kali ini saya akan berbagi pengalaman yng saya dapat saat PSG (Pendidikan Sistem Ganda) di AUTO2000 Bekasi Timur.
      
       Yaaa memang orang laion menyebutnya dengan PKL (Praktik Kerja Lapangan) / PraKerIn (Praktik Kerja Industri), istilah ini digunakan di SMK-SMK. Yaa, kalo SMK biasa yang pendidikan 3 tahun PKL nya itu gak sampe 6 bulan, lain halnya dengan SMK saya yang pendidikannya 4 tahun, 3 tahun belajar disekolah dan 1 tahun ditempa di Industri.

       Yup kebetulan sekali saya dapat masuk di SMK yang 4 tahun itu yaitu di SMK N 26 Pembangunan Jakarta Jurusan Otomotif. Dalam otomotif itu terbagi lagi 2 keahlian yaitu bagian General Repair dan Body Paint Repair.

       General Repair itu dikhususkan untuk menagani bagian-bagian mesin dkk nya pada kendaraan, dan di Body Paint Repai dikhususkan menangani penampilan pada mobil yaitu memperbaiki kerusakan pada body kendaraan seperti penyok dll dan pengecatan sampai mobil terlihat seperti baru lagi. Dan saat pemilihan penempatan PSG saya memilih bagian Body Paint repair dan alhamdulillah saya di tempatkan di AUTO2000 Bekasi Timur lumyan  deket lah dari rumah jadi gk usah pake ngekos-ngekos segala.

       Untuk tugas akhir saya, saya membuat materi tentang "Metode Perbaikan Rocker Panel Dengan Menggunakan Washer Welder". Untuk lebih jelas tentang prosedurenya silahkan tonjok link dibawah ini



Kamis, 07 Januari 2016

Spray Gun

AIR SPRAY GUN

A. PRINSIP AIR SPRAY GUN




Gambar 1 Air Spray Gun



1. Air Spray Gun
Air spray gun menggunakan udara bertekanan untuk menga- tomisasi cat pada suatu permukaan.

2. Prinsip dari spray painting (Pengecatan Semprot)
Prinsip dari spray painting adalah sama seperti halnya pada atomisasi. Apabila udara bertekanan dikeluarkan dari lubang udara pada air cup maka suatu tekanan negative akan timbul pada ujung fluida, yang selanjutnya menghisap cat pada cup. Kemudian cat yang dihisap ini disemprotkan sebagai cat yang diatomisasi (dikabutkan), dan arena tekanan udara pada lubang didalam air cap.

B. TIPE AIR SPRAY GUN
Dalam garis besarnya, air spray gun dibagi menjadi 3 tipe yaitu:

1. Tipe Umpan-berat (Gravity-feed)

1.1   Metode Suplai Cat
Paint cup ditempatkan diatas fluid tip dari spray gun. Cat disuplai ke fluid tip oleh beratnya sendiri, sama baiknya dengan daya hisap yang ditimbulkan pada bagian fluid tip.
1.2. Keuntungan
Fluktuasi jumlah cat yang dikeluarkan oleh karena variasi viskositasnya bias dijaga pada tingkat minimum.
1.3  Kerugian
Tidak sesuai untuk oprasi pengecatan yang terus menerus, pada area kerja yang luas karena kecilnya kapasitas cup.


Gambar 2 Spray Gun Tipe Umpan-Berat


2. Tipe Umpan-hisap (Suction-feed)

2.1.   Metode Suplai Cat
Paint cup berada dibawah fluid tip dan spray gun. Cat disuplai oleh daya hisap yang ditimbulkan pada bagian fluid tip.
2.2. Keuntungan
Sesuai untuk penyemprotan pada area kerja yang luas karena kapasitas cup besar.
2.3. Kerugian
Spray gun berat karena kapasitas cup besar.



Gambar 3 Spray Gun Tipe Umpan Hisap


3. Tipe Tekanan (Compression)

3.1. Metode Suplai Cat
Paint tank dan spray gun dibuat secara terpisah. Cat ditekan di dalam paint tank oleh udara bertekanan atau pompa yang disuplai ke spray gun.


3.2. Keuntungan
Sesuai untuk operasi pengecatan yang terus menerus pada area yang luas. Dapat digunakan dengan cat berviskositas tinggi.
3.3. Kerugian
Tipe ini tidak sesuai untuk pekerjaan cat pada area yang kecil.



Gambar 4 Spray Gun Tipe Kompresi



C. KONSTRUKSI AIR SPRAY GUN

Air spray gun terdiri dari beberapa komponen utama yaitu :

1.        Sekrup Penyetel Fluida (Fluid Adjusting Screw)
Komponen  yang digunakan untuk menyetel/mengatur jumlah keluarnya cat. Mengencangkan sekrup akan mengurangi jumlah cat yang keluar, dan sebaliknya mengendorkan sekrup akan menambah jumlah cat yang keluar. Mengencangkan cat secara penuh akan menghentikan aliran cat.


2.    Sekrup Penyetel Fan Spreader
Komponen  yang digunakan untuk menyetel/mengatur pola semprotan. Mengendurkan sekrup akan membuat pola oval (lonjong), dan mengencangkan sekrup akan membuat lebih bulat. Pola oval cocok untuk area kerja yang besar, sedangkan pola bulat cocok pada area yang lebih kecil.

3.    Sekrup Penyetel Udara
Komponen  yang digunakan untuk menyetel/mengatur tekanan udara yang keluar. Mengendorkan sekrup penyetel akan mengurangi tekanan udara, dan mengencangkan sekrup penyetel akan mengurangi tekanan udara. Mengencangkan sekrup penyetel sepenuh langkah akan menghentikan tekanan udara. Tekanan udara yang tidak cukup, akan mengurangi atomisasi cat. Dan tekanan udara yang berlebihan akan menyebabkan cat terpecik, jadi akan akan menambah jumlah cat yang keluar.

4.    Fluid Tip
Fluid tip mengatur dan mengarahkan jumlah cat dari spray gun ke dalam air stream. Pada fluid ti terdapat suatu taper (ketirusan). Pada saat needle (jarum) menyentuh taper ini, aliran cat dihentika. Apabila cat dikeluarkan, maka jumlah keluaran ini akan tergantung pada ukuran pembukaan fluid tip disaat needle menjauhi tip.
Yang biasa digunakan dalam pengecatan (refinishing) adalah fluid tip 1,3mm. Oleh karena air cap, fluid tip dan needle mempengaruhi kualitas pola semprotan dan akhirnya, maka kesemuanya itu disiapkan dalam bentuk set dan dikenal dengan sebutan kombinasi nozzle. Hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih air cap, needle, dan fluid tip adalah:
a.)Tipe cat.
b.)Model gun.
c.)Oprasi gun.
d.)Kualitas hasil akhir.

5.    Air Cap
Air cup mengeluarkan udara, untuk membantu atomisasi cat. Air cap memiliki lubang-lubang sebagai berikut:
a.)Lubang udara tengah: membuat kevakuman pada fluid tip dan menyemprotkan cat.
b.)Lubang udara kontrol fan: menggunakan tekanan udara kompresor untuk menentukan bentuk pola semprotan. Lubang ini menyebabkan atomisasi pada cat.
Fungsi lain dari air cap adalah untuk mengubah arah pola semprotan, yaitu dengan cara memutar air cap.


Gambar 5 air cup

6.    Tringer
Komponen  yang digunakan untuk mengatur keluar tidaknya  udara dan atau cat. Tregger bekerja dalam dua tahap. Menarik trigger pada permulaan akan membuka air valve (katup udara), sehingga hanya udara saja yang menyemprot. Menarik trigger lebih lanjut akan menyebabkan needle (jarum) terbuka, sehingga cat menyemprot bersamaan dengan udara. Tipe konstruksi inidirancang untuk membuat atomisasi yang konsisten pada saat trigger ditarik.



D. TEKNIK AIR SPRAY GUN
1.  Bagaimana Cara Memegang Spray Gun
Biasanya, spry gun ditahan dengan ibu jari, telunjuk dan kelingking, sedangkan trigger ditarik dengan jari tengah dan jari manis.

2.  Menggerakan Spray Gun
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menggerakan spray gun yaitu:

2.1. Jarak spray gun
Jarak antara spray gun dan permukaan panel yang dicat harus diperhatikan. Apabila spray gun dipegang terlampau dekat dengan permukaan yang dicat, maka akan berakibat jumlah cat yang teraplikasi menjadi lebih banyak dan menghasilkan lapisan yang lebih tebal dan dapat meleleh. Sebaliknya apabila spray gun dipegang pada jarak yang lebih jauh, volumenya berkurang sehingga akan menghasilkan cat yang tipis dan kasar.
Jarak ideal ditentukan oleh tipe cat, spray gun dan metode pengecatanyang digunakan. Biasanya 100mm-200mm cocok untuk warna solid. Untuk hasil yang inform (sama), sangat perlu untuk menjaga jarak agar konsisten, sekalipun pada permukaan yang tidak rata.

2.2.   Sudut spray gun
Merupakan orientasi (arah) daripada spray gun dalam hubungannya terhadap permukaan panel. Spray gun harus dipegang tegak lurus secara konsisten terhadap permukaan panel, baik pada arah vertikal atau horizontal. Jika tidak, maka hasil kurang rata.

2.3.   Kecepatan Langkah
Kecepatan dimana spray gun digerakan disebut kecepatan langkah. Apabila kecepatan terlampau rendah, maka akan terjadi lapisan yang tebal dengan lelehan, bila terlalu cepat, maka akan terjadi lapisan yang tipis. Demikian pula bila kecepatan langkah tidak sama, cenderung akan menghasilkan lapisan yang tidak rata. Untuk pengecatan kembali,biasanya kecepatan langkah yang sesuai adalah antara 900 sampai 1.200mm/detik.

2.4.   Pola Tumpang Tindih (overlapping)
Pada saat cat dikeluarkan oleh spray gun, maka pola semprotan yang lebih tipis didekat tepi darin pada bagian tengahnya, oleh sebab itu, untuk mendapatkan lapisan yang merata, maka pola semprotan perlu memiliki ketebalan yang merata pula. Lebar overlapping yang pas kira-kira adalah ½ sampai 2/3 pola semprotan.



Gambar 6 pola tumpang tindih
Penting untuk menjaga keseimbangan yang baik dan membuat pola tumpang-tindih yang konsisten. Jika tidak, akan menghasilkan ketebalan lapisan yang tidak merata, dan dapat menimbulkan cacat pada cat.


Gambar 7 pengecetan yang benar dan salah


E. MEMBERSIHKAN AIR SPRAY GUN
Air spray gun harus selalu dibersihkan setelah digunakan. Jika tidak, maka cat akan menyumbat gun dan gun tidak dapat digunakan lagi. Jika cara membersihkannya salah, dapat berakibat pada kerusakan, dan fungsi gun menjadi buruk serta bocornya cat.
1.    Membersihkan Spray Gun Tipe Umpan Berat (Gravity-feed)
a.)  Keluarkan cat yang masih tertinggal dalam paint cup. Kemudian tarik trigger untuk mengeluarkan cat yang tertinggal didalam spray gun.
b.) Tuangkan thiner kedalam paint cup, kemidian semprotkan thiner   beberapa kali.
c.) Siapkan kain lap didepan air cap, dan tarik trigger untuk membilas spray gun dengan udara kompresor.
d.) Bersihkan paint cup dengan sikat bulu.
e.) Ulang step a, b, c, dan d beberapa kali sampai thiner jernih. Kemudian bersihkan air spray gun dengan menggunakan sikat bulu.
f.) Lepaskan air cap dan bersihkan fluid tip dengan menggunakan sikat bulu.
Pada saat membersihkan air cap dengan sikat bulu. Berhati-hatilah agar cup tidak menjadi rusak pada saat dibersihkan, karena kondisi lubang udaranya sangat berpengaruh pada bentuk pola semprotan. Jangan menggunakan jarum, kawat atau sikat untuk membersihkan. Apabila sulit dibersihkan cat yang kering rendamlah air cap didalam lacquer thiner untuk melemahkan cat kering tersebut, kemudian bersihkan air cap menggunakan kain lap, keringkan thiner yang menempel, dan rakit kembali air cap. Tuangklan sedikit thiner yang bersih kedalam paint cup,sedikit thiner akan membantu mencegah saluran cat menjadi tersumbat.


2.  Membersihkan Spray Gun Tipe Umpan-hisap (Suction-feed)
a.) Lepaskan paint cup. Gunakan kain lap didepan air cap, dan tarik trigger untuk membilas cat yang tertinggal didalam saluran.
b.) Keluarkan cat yang tertinggal didalam paint cup, menggunakan sikat bulu, bersihkan bagian lua dan dalam paint cap.
c.) Tuangkan thiner pembersih kedalam container dan tarik trigger untuk mengeluarkan thinner. Kemudian, menggunakan teknik seperti step a, bilas thinner pembersih. Ul;angi proses ini beberapa kali sampai thinner pembersih tampak jernih.
d.) Bersihkan air spray gun dengan menggunakan sikat bulu.
e.) Lepaskan air cap, dan bersihkan fluid tip menggunakan sikat bulu.
f.) Bersihkan air cap, dengan teknik seperti step a.


F. KESIMPULAN
Air sprai gun bekerja menggunakan prinsip atomisasi udara dan cat. Sehingga pada saat dikeluarkan oleh air cap adalah berupa cat yang dikabutkan. Air spray gun dibagi menjadi 3 tipe yaitu tipe tekanan (compression), tipe umpan-hisap (suction-feed), dan tipe umpan-berat (gravity-feed) dan dari berbagai jenis spray gun tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Dalam menggerakan air spray gun ada empat hal yang harus diperhatikan yaitu jarak spray gun, sudut spray gun, kecepatan spray gun, kecepatan langkah, dan pola tumpang tindih (overlaping).

Setelah spray gun digunakan harus segera dibersihkan, agar tidak ada cat yang mengering dan akhirya menyumbat air cap. Pada saat membersihkan juga harus sesuai dengan SOP. Sehingga fungsi gun tetap bekerja dengan baik dan tidak terjadi kebocoran.

Selasa, 05 Januari 2016

Dimensi Kendaraan

Assalamualaikum wr.wb

Salam sejahtera bagi kita semua para pembaca semuanya. Ya di artikel ini saya akan membahas seputar dunia otomotif khususnya kendaraan roda 6 atau lebih. Loh kok roda 6 atau lebih ?? Yup karena kita akan membahas tentang truck, dan saya ambil sample truck dengan merk HINO. Kenapa HINO ?? Karena saya bekerja di dealer HINO hehehe udah gak usah banyak nanya lagi yaaa.

Dan kita akan membahas tentang isitilah-istilah “Dimensi Kendaraan”/ukuran-ukuran dari suatu kendaraan. Kenapa sih kita perlu tau istilah-istilah itu ?? Yup, agar kita tidak dibodoh-bodohi saat kita ingin membeli kendaraan disebuah dealer mobil. Seenggaknya biar kita keliatan pinter dan tau tentang seluk-beluk spesifikasi mobil di depan salesnya. Hehehe bisa aja lu bang padahal mah ngerti banyak juga enggak.

Oke deh langsung aja yaa otoloves kita kasih nih sedikit istilah dan pengertian dari “Dimensi suatu Kendaraan”



  1.OL(Overall Length)/Panjang Total = Menunjukan panjang kendaraan dari ujung bumper depan sampai ke bagian belkang.
  2.OW(Overall Weight)/ Lebar Rotal = Menunjukan lebar kendaraan termasuk bumper, molding, lampu-lampu dan lainnya diukur dari sisi yang paling menonjol keluar.
  3.OH(Overall hight)/Tinggi Total = Menunjukan tinggi kendaraan diukur tanpa beban dan pengemudi, tetapi kondisi bahan bakar harus penuh, pendingin dan perlengkapan standart termasuk ban cadangan.
  4.WB(Wheel Base 1 + 2)/Jarak Sumbu Roda = Menunjukan jarak antara garis tengah axle bagian depan dengan garis tengah axle bagian belakang.
  5.FT(Front Tread) Lebar jejak Depan = Menunjuakan jarak antara garis tengah ban depan bagian kanan dan kiri.
  6.RT(Rear Tread) Lebar jejak Belakang = Menunjukan jarak antar garis tengan ban belakang bagian kanan dan kiri.
  7.FOH(Front Overhang) Julur Depan = Jarak dari sumbu roda deapn bagian terdepan dari kendaraan (termasuk bumper).
  8.ROH(Rear Overhang) Julur Belakang = Jarak dari sumbu roda belakang dengan ujung paling belakang dari kendaraan (termasuk bumper).
  9.CA(Center Axle) Jarak Kabin ke Pusat Sumbu Belakang = Jarak dari sumbu roda belakang dengan kabin bagian belakang.
  10.GVW(Gross Vehicle Weight) = Berat total kendaraan yang diijinkan berdasarkan pertimbangan hukum dan kekuatan kendraan. Perhitungannya adalah berat kendaraan kosong + 3 orang crew(rata-rata per orang 65kg) + berat muatan.
  11.CW(Curb Weight) = Berat kendaraan kosong tanpa beban dan pengemudi. Dala menghitung CW bahan bakar, minyak pelumas, air pendingin dan perlengkapan standart termasuk didalamnya.
  12.CM(Chassis Mass) Berat Chassis = Berat chassis secara keseluruhan (termasuk bahan bakar, minyak pelumas dan air pendinginpenuh) tanpa ban cadangan dan perlengkapan standart.

Nah, itu dia sedikit penjelasan tentang istilah “Dimensi Kendaraan”. Dan, sebenarnya artikel ini sangat cocok untuk bos-bos yang mau mempunyai usaha dibidang transportasi/jasa angkutan. Tapi agan/aganwati yang sudah terlanjur membacanya tidak usah menyesal mungkin saja artikel ini sangat bermanfaat dilain waktu atau nanti dari para agan/aganwati akan menjadi pengusaha sukses dibidang transportasi. Amiin Ya Robbal Alamiiin
Okeeh sekian artikel dari saya, mohon dimaafkan jika ada kesalahan penulisan karena kesalahan itu datangnya dari manusia dan kesempurnaan itu adanya di Sang Pencipta Alam Semesta.

Ohiya jangan lupa kasih kritik dan sarannya yaa agan/aganwati !!!

Wassalamualaikum wr.wb



Dasar-Dasar Mesin

Assalamualiakum wr.wb

     Salam sejahtera bagi kita semua para pembaca yang dimuliakan Tuhannya masing-masing. Dalam kesempatan ini saya akan mengarang yang sesuai kenyataan dalam buku tentang dunia otomoteif khususnya “Dasar-Dasar Mesin”. Artikel ini cocok banget buat kalian yang melanjutakan ke jenjang SMK di jurusan otomotif, biar nanti pas pertama masuk kelas keliatan agak pinter atau ngerti daripada murid-murid yang lain.
     Oke mulai aja yaah =))

     Pertama-tema pasti dalam benak masing-masing agan/aganwati berfikir kenapa ko mobil bisa jalan gitu aja ?? bener gak. Yup karena ada rodanya, hehehe iyalaah bos (kalo gak ada rodanya ntar ngesot). Maksudnya kenapa kok rodanya itu bisa berputar dan berjalan ?? jawabannya “Karena adanya tenaga penggerak”. Pada kendaraan bermotor tenaga pengerak ini disebut “mesin atau motor”. Pengertian dari mesin itu sendiri adalah suatu mekanisme atau alat yang merubah sumber tenaga seperti panas, angina, air, listrik tenaga atom atau sumber tenaga lainnya menjadi tenaga mekanik (gerak).

     Mesin yang merubah energy panas menjadi energy mekanik disebut motor bakar. Untuk cara memperoleh panasnya, motor bakar dibagi lagi menjadi 2 yaitu motor pembakaran dalam (internal combustion engine) dan motor pembakaran luar (external combustion engine).

     Internal Combustion Engine adalah suatu mesin yang untuk memperoleh panasnya dan proses pembakaran bahan bakarnya berlangsung didalam mesin itu sendiri. Ada beberapa contoh dari Internal Combustion Engine, yaitu :



1. Mesin Bensin



2.Mesin Diesel


3. Mesin Jet





4.Mesin roket

5.Dll.

Sedangakn, External Cobustion Engine adalah suatu mesin yang memperoleh panas dan proses pembakaran bahan bakarnya berlangsung diluar mesin itu sendiri. Adapun contoh dari External Combustion Engine yaitu :

1.Mesin Uap





2.Mesin Nuklir




3.Mesin Turbin



Pada zaman ini hamper semua kendaraan bermotor menggunakan mesin bensin dan mesin diesel sebagai penggeraknya. Kenapa motor bensin atau diesel ? Kenapa gak mesin jet atau roket biar kita jalannya cepet dan sampe kantor gak kena macet ? yakalii dijakarta pake mesin begituan hahahaha yang ada meledak tengah jalan kalo kena macet.

Okee kembali lagi ke pertanyaan “Kenapa harus mesin bensin atau mesin diesel ?”, karena kedua mesin itu mempunyai syarat-syarat sebagai berikut :
       1.Harus kompak
       2.Ringan
       3.Bertenaga besar
       4.Tidak memakan tempat
       5.Dapat menghasilkan  kecepatan tinggi dan
       6.Sedikit menimbulkan suara

      Nah itu dia syarat-syarat yang harus ada di kendaraan bermotor, bayangin aja kalo pake mesin jet atau mesin roket syarat no 2,4 dan 6 tidak masuk kriteria kan. Kalo agan/aganwati maksa pengen pake mesin gituan silahkan aja tapi resiko tanggung sendiri yaa, kaya diterikin warga sekitar bisa-bisa dikeroyok sama warga karena suara mesinnya berisik dan gede banget. 

     Mesin bensin dan mesin diesel pun punya karateristik masing-masing loh, nih saya jabarkan karateristiknya masing-masing,
Karaterisitk mesin bensin :
        1.Putaran mesin lebih tinggi dan tenaga besar
        2.Mudah dioperasikan
        3.Pembakaran lebih sempurna
        4.Ukuran dapat dibuat kecil dan ringan
        5.Suara mesin lebih halus

        Nah banyak contoh disekitar kita kendaraan roda 4 yang menggunakan mesin bensin agan/aganwati juga pasti udah tau lah kaya Toyota Yaris, Avanza, Honda Brio, Jazz dan masih banyak lagi (kalo bingung itu mobil mesinnya apa liat aja di STNK nya, hehehehe)

Karateristik mesin diesel :
        1.Efisiensi pananya tinggi
        2.Torsi besar pada puataran mesin yang rendah
        3.Mudah dioperasikan
        4.Kecepatan mesin lebih rendah daripada motor bensin
        5.Getaran besar dan berisik (saat ini tidak semua, banyak              yang sudah menggunakan peredam getaran pada mesin)
        6.Membutuhkan konstruksi yang kuat
        7.Hemat bahan bakar

Contoh merk mobil yang menggunakan mesin diesel yaitu Toyota Innova (diesel) karena Innova juga ada yang mesin bensin, sama seperti Fortuner (ada yang bensin da nada yang diesel), Jeep, panther, dan truck2 besar maupun kecil.

Dan saya cukupkan dulu yaah artikel kali ini semoga bermanfaat bagi para pembaca. Mohon dimaafkan jika ada kesalan penulisan dari sang penulis karena penulis juga manusia yang masih banyak berdosa kepada sesame manusia.

Dan jangan lupa kritik sarannya yaa agan/aganwati yang saya cintai !!!


Sekiaaaan Wassalamualaikum wr.wb

Senin, 04 Januari 2016

Training Hino

Assalamualaikum wr.wb

         Salam sejahtera bagi kita semua. Pertama-tama mari kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa looh !!! kaya mau pidato aja yaa.


         Oke bro kali ane akan berbagi cerita saat ane training "Pengenalan Produk Hino" di Hino Training Center Jatake, Tangerang. Tau gak tempatnya  ? cek aja di google maps lah hheehe






        Berawal saya bekerja di Dealer PT Armindo Perkasa (AUTHORIZED HINO DEALER) / Dealer Resmi HINO pada Oktober 2013, pada bulan April 2014 saya diberi kesempatan untuk training DUTRO maksudnya Training dengan tema "Pengenalan Produk HINO Dutro" nah disana saya diperkenalkan secara detail dan sangat spesifik tentang HINO Dutro tersebut mulai dari rangka, mesin, body, kalo ditruck dan bus itu ada istilah namanya "karoseri" (bagian belakang truck seperti bak, flat, dump truck, mixer (atau orang bilang truk molen), pemadam kebakarn dll. Tapi kita kita membahas tentang itu.






         Nah, untuk tingkatan training di Hino itu ada 4 tingkatan yaitu Junior HQS, Senior HQS, Profesional dan Spirit Master. untuk naik ke tingkatan selanjutnya itu diperlukan waktu  minimal 1 tahun. Tapi untuk training Dutro itu sendiri tidak termasuk kedalam tingakatn Training Hino, itu hanya training pengenalan produk baru, ayng dimaskud "baru" disini adalah upgrade dari mesin dll nya kalo nama dari dulu tetap Dutro belum pernah ganti.


1. Junior HQS (Hino Quality Servuce)


         Junior HQS itu adalh tingkatan pertama, saya juga baru Junior sih belum setahun untuk naik ke Senior HQS. Di Junior ini kita hanya mempelajari cara Merawat/Maintenance dari produk Hino itu sendiri seperti service berkala dan kerusakan ringan.


2. Senior HQS (Hino Quality Service)


         Senior HQS adalah tingkatan kedua setelah Junior, di Senior kita diajarkan masih tentang Merawat/Maintenance tapi dengan skala kerusakan yang lebih besar contohnya overhaule engine, transmisi, differential dll.


3. Profesional


          Profesional itu tingkatan ketiga setelah Senior,di Profesional ini kita tidak mempelajari tentang perawatan seperti di Junior dan Senior tapi kita mempelajari tentang trobleshooting/pemecahan masalah dari kendaraan tersebut. Seperti ada kendaraan datang dengan keluhan tenaganya kurang, nah ini yang turun tangan ialah seorang yang sudah training Profesional, Junior dan Senior juga boleh sih asal dipandu atau diinstruksikan darimseorang Profesional.


4. Spirit Master 


         Spirit Master ini adalah tingkatan keempat atau tingkatan terkahir dari training di Hino. Di Spirit Master kita sudah sangat harus menguasai isi dari seluruh kendaraan tersebut dan juga bisa memecahkan berbagai masalah/trouble dari kendaraan tersebut atau lebih baiknya seorang Spirit Master itu juga bisa menginovasi kendaraan tersebut agar kendaraan itu lebih baik dan nyaman.



          Oke itulah artikel singkat tentang Training yang ada di Perusahaan HINO, jika nada berminat untuk bekerja diperusahaan Hino, silahkan anda kirim lamaran anda ke Delaer-dealer resmi hino yang terdekat dari kota anda tinggal. Tenang brooo, pasti bingung kan dimana aja dealer-dealer resmi Hino di sekitar anda ?? nih sayaa kasih lengkapnya langsung aja kunjungi website Hino nya di hino.co.id.


Yup sekian artikel singkat yang kurang jelas dari saya, kurang lebihya mohon maaf lahir bathin yaa =]]


About Me

Assalamualikum wr.wb

       OKe, bolehkah saya memperkenalkan diri terlebih dahulu sevelum saya memberikan artikel-artikel yg ingin saya bagikan ke kalian (untuk semua kalangan loh) ?? "Boleh kok kak". Makasih adek-adek =))

       Nama saya Andri Bustanul Arifin, TTL Lumajang, 24 Oktober 1994 (eh pada tau gak dimana kota Lumajang ??). Kalau kalian para pendaki gunung sejati pasti tau dimana letak kota Lumajang. Yup, tepat sekali itu di daerah sekitar Gunung Semeru (Gunung Tertinggi di Pulau Jawa atau bisa disebut oleh penduduk sekitar adalah Gunungnya para Dewa). Lanjut ke pengenalan diri, agama saya Islam (alhamdulillah bukan cuma KTP) hehehe. Saya di Lumajang cuma numpang lahir kok sampe 2 tahun abis itu sama orang tua saya, saya dibawa ke Jakarta. Akhirnya saya sekolah SD, SMP, SMK dan kerja sambil kuliah di Jakarta. Hobi saya Olahraga apa saja yang penting bikin sehat tapi keseringan sih olahraga yang berhubungan dengan bola kaya bola bekel gitu wkwkwkw gak lah itu cuma kadang-kadang kalo pengen modusin cewe doang main gituan. Tapi udah 4 tahun ini saya lagi demam sama yang namanya mendaki gunung loh. Gimana yah bukan ikut-ikutan anak alay sih, karena diajakin temen sekali abis itu ketagihan melihat keindahn hasil ciptaan Sang Pencipta woooow keren deh.


       Ohiya, saya bekerja disalah satu Dealer otomotif khususnya truk yang merknya HINO, tau lah yang panjang-panjang warna ijo kebanyakan walaupun gk semuanya warna ijo sih. Nah di artikel selanjutnya saya ingin membagikan pengalaman saya waktu saya training di Pusat industri perbaikan dari truk HINO itu sendiri makanya langsung aja udahin perkenalannya. Tapi tenang biar gak pensaran sama saya saya kasih nih foto saya hehee jelek sih tapi rela bagi-bagi ?? 





       Nah, ini waktu saya gathering karyawan dari kantor ke Lombok, keeceeee kan ?? Lomboknya sih bukan modelnya.



       Kalo yang ini taulah dimana ?? Yup di Ranukumbolo perjalanan ke puncak Mahameru. Saya yang pojok kirin pake coverbag warna kuning. Kapan-kapan saya kasih foto2 saya dan teman-teman saya yang di Semeru deh tenang aja.

       Oke deh sekian perkenalan dari saya kepanjangan yaah. Maaf saking seriusan ngetiknya wkwkwk.

Wassalamualaikum wr.wb . bye . =]]