Selasa, 05 Januari 2016

Dimensi Kendaraan

Assalamualaikum wr.wb

Salam sejahtera bagi kita semua para pembaca semuanya. Ya di artikel ini saya akan membahas seputar dunia otomotif khususnya kendaraan roda 6 atau lebih. Loh kok roda 6 atau lebih ?? Yup karena kita akan membahas tentang truck, dan saya ambil sample truck dengan merk HINO. Kenapa HINO ?? Karena saya bekerja di dealer HINO hehehe udah gak usah banyak nanya lagi yaaa.

Dan kita akan membahas tentang isitilah-istilah “Dimensi Kendaraan”/ukuran-ukuran dari suatu kendaraan. Kenapa sih kita perlu tau istilah-istilah itu ?? Yup, agar kita tidak dibodoh-bodohi saat kita ingin membeli kendaraan disebuah dealer mobil. Seenggaknya biar kita keliatan pinter dan tau tentang seluk-beluk spesifikasi mobil di depan salesnya. Hehehe bisa aja lu bang padahal mah ngerti banyak juga enggak.

Oke deh langsung aja yaa otoloves kita kasih nih sedikit istilah dan pengertian dari “Dimensi suatu Kendaraan”



  1.OL(Overall Length)/Panjang Total = Menunjukan panjang kendaraan dari ujung bumper depan sampai ke bagian belkang.
  2.OW(Overall Weight)/ Lebar Rotal = Menunjukan lebar kendaraan termasuk bumper, molding, lampu-lampu dan lainnya diukur dari sisi yang paling menonjol keluar.
  3.OH(Overall hight)/Tinggi Total = Menunjukan tinggi kendaraan diukur tanpa beban dan pengemudi, tetapi kondisi bahan bakar harus penuh, pendingin dan perlengkapan standart termasuk ban cadangan.
  4.WB(Wheel Base 1 + 2)/Jarak Sumbu Roda = Menunjukan jarak antara garis tengah axle bagian depan dengan garis tengah axle bagian belakang.
  5.FT(Front Tread) Lebar jejak Depan = Menunjuakan jarak antara garis tengah ban depan bagian kanan dan kiri.
  6.RT(Rear Tread) Lebar jejak Belakang = Menunjukan jarak antar garis tengan ban belakang bagian kanan dan kiri.
  7.FOH(Front Overhang) Julur Depan = Jarak dari sumbu roda deapn bagian terdepan dari kendaraan (termasuk bumper).
  8.ROH(Rear Overhang) Julur Belakang = Jarak dari sumbu roda belakang dengan ujung paling belakang dari kendaraan (termasuk bumper).
  9.CA(Center Axle) Jarak Kabin ke Pusat Sumbu Belakang = Jarak dari sumbu roda belakang dengan kabin bagian belakang.
  10.GVW(Gross Vehicle Weight) = Berat total kendaraan yang diijinkan berdasarkan pertimbangan hukum dan kekuatan kendraan. Perhitungannya adalah berat kendaraan kosong + 3 orang crew(rata-rata per orang 65kg) + berat muatan.
  11.CW(Curb Weight) = Berat kendaraan kosong tanpa beban dan pengemudi. Dala menghitung CW bahan bakar, minyak pelumas, air pendingin dan perlengkapan standart termasuk didalamnya.
  12.CM(Chassis Mass) Berat Chassis = Berat chassis secara keseluruhan (termasuk bahan bakar, minyak pelumas dan air pendinginpenuh) tanpa ban cadangan dan perlengkapan standart.

Nah, itu dia sedikit penjelasan tentang istilah “Dimensi Kendaraan”. Dan, sebenarnya artikel ini sangat cocok untuk bos-bos yang mau mempunyai usaha dibidang transportasi/jasa angkutan. Tapi agan/aganwati yang sudah terlanjur membacanya tidak usah menyesal mungkin saja artikel ini sangat bermanfaat dilain waktu atau nanti dari para agan/aganwati akan menjadi pengusaha sukses dibidang transportasi. Amiin Ya Robbal Alamiiin
Okeeh sekian artikel dari saya, mohon dimaafkan jika ada kesalahan penulisan karena kesalahan itu datangnya dari manusia dan kesempurnaan itu adanya di Sang Pencipta Alam Semesta.

Ohiya jangan lupa kasih kritik dan sarannya yaa agan/aganwati !!!

Wassalamualaikum wr.wb



4 komentar: