Selasa, 05 Januari 2016

Dasar-Dasar Mesin

Assalamualiakum wr.wb

     Salam sejahtera bagi kita semua para pembaca yang dimuliakan Tuhannya masing-masing. Dalam kesempatan ini saya akan mengarang yang sesuai kenyataan dalam buku tentang dunia otomoteif khususnya “Dasar-Dasar Mesin”. Artikel ini cocok banget buat kalian yang melanjutakan ke jenjang SMK di jurusan otomotif, biar nanti pas pertama masuk kelas keliatan agak pinter atau ngerti daripada murid-murid yang lain.
     Oke mulai aja yaah =))

     Pertama-tema pasti dalam benak masing-masing agan/aganwati berfikir kenapa ko mobil bisa jalan gitu aja ?? bener gak. Yup karena ada rodanya, hehehe iyalaah bos (kalo gak ada rodanya ntar ngesot). Maksudnya kenapa kok rodanya itu bisa berputar dan berjalan ?? jawabannya “Karena adanya tenaga penggerak”. Pada kendaraan bermotor tenaga pengerak ini disebut “mesin atau motor”. Pengertian dari mesin itu sendiri adalah suatu mekanisme atau alat yang merubah sumber tenaga seperti panas, angina, air, listrik tenaga atom atau sumber tenaga lainnya menjadi tenaga mekanik (gerak).

     Mesin yang merubah energy panas menjadi energy mekanik disebut motor bakar. Untuk cara memperoleh panasnya, motor bakar dibagi lagi menjadi 2 yaitu motor pembakaran dalam (internal combustion engine) dan motor pembakaran luar (external combustion engine).

     Internal Combustion Engine adalah suatu mesin yang untuk memperoleh panasnya dan proses pembakaran bahan bakarnya berlangsung didalam mesin itu sendiri. Ada beberapa contoh dari Internal Combustion Engine, yaitu :



1. Mesin Bensin



2.Mesin Diesel


3. Mesin Jet





4.Mesin roket

5.Dll.

Sedangakn, External Cobustion Engine adalah suatu mesin yang memperoleh panas dan proses pembakaran bahan bakarnya berlangsung diluar mesin itu sendiri. Adapun contoh dari External Combustion Engine yaitu :

1.Mesin Uap





2.Mesin Nuklir




3.Mesin Turbin



Pada zaman ini hamper semua kendaraan bermotor menggunakan mesin bensin dan mesin diesel sebagai penggeraknya. Kenapa motor bensin atau diesel ? Kenapa gak mesin jet atau roket biar kita jalannya cepet dan sampe kantor gak kena macet ? yakalii dijakarta pake mesin begituan hahahaha yang ada meledak tengah jalan kalo kena macet.

Okee kembali lagi ke pertanyaan “Kenapa harus mesin bensin atau mesin diesel ?”, karena kedua mesin itu mempunyai syarat-syarat sebagai berikut :
       1.Harus kompak
       2.Ringan
       3.Bertenaga besar
       4.Tidak memakan tempat
       5.Dapat menghasilkan  kecepatan tinggi dan
       6.Sedikit menimbulkan suara

      Nah itu dia syarat-syarat yang harus ada di kendaraan bermotor, bayangin aja kalo pake mesin jet atau mesin roket syarat no 2,4 dan 6 tidak masuk kriteria kan. Kalo agan/aganwati maksa pengen pake mesin gituan silahkan aja tapi resiko tanggung sendiri yaa, kaya diterikin warga sekitar bisa-bisa dikeroyok sama warga karena suara mesinnya berisik dan gede banget. 

     Mesin bensin dan mesin diesel pun punya karateristik masing-masing loh, nih saya jabarkan karateristiknya masing-masing,
Karaterisitk mesin bensin :
        1.Putaran mesin lebih tinggi dan tenaga besar
        2.Mudah dioperasikan
        3.Pembakaran lebih sempurna
        4.Ukuran dapat dibuat kecil dan ringan
        5.Suara mesin lebih halus

        Nah banyak contoh disekitar kita kendaraan roda 4 yang menggunakan mesin bensin agan/aganwati juga pasti udah tau lah kaya Toyota Yaris, Avanza, Honda Brio, Jazz dan masih banyak lagi (kalo bingung itu mobil mesinnya apa liat aja di STNK nya, hehehehe)

Karateristik mesin diesel :
        1.Efisiensi pananya tinggi
        2.Torsi besar pada puataran mesin yang rendah
        3.Mudah dioperasikan
        4.Kecepatan mesin lebih rendah daripada motor bensin
        5.Getaran besar dan berisik (saat ini tidak semua, banyak              yang sudah menggunakan peredam getaran pada mesin)
        6.Membutuhkan konstruksi yang kuat
        7.Hemat bahan bakar

Contoh merk mobil yang menggunakan mesin diesel yaitu Toyota Innova (diesel) karena Innova juga ada yang mesin bensin, sama seperti Fortuner (ada yang bensin da nada yang diesel), Jeep, panther, dan truck2 besar maupun kecil.

Dan saya cukupkan dulu yaah artikel kali ini semoga bermanfaat bagi para pembaca. Mohon dimaafkan jika ada kesalan penulisan dari sang penulis karena penulis juga manusia yang masih banyak berdosa kepada sesame manusia.

Dan jangan lupa kritik sarannya yaa agan/aganwati yang saya cintai !!!


Sekiaaaan Wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar