Kamis, 28 Januari 2016

Kecelakaan Lalu-Lintas (Pertolongan Pertama)

Assalamualaikum wr.wb

     Sudah pernah mengalami kecelakaan lalu lintas, atau pernah tabrakan atau melihat langsung ada kecelakaan didepan mata ?? pasti pernah lah. Apa yang anda lakukan jika anda terjadi kecelakaan atau ada orang di depan anda yang sedang kecelakaa ?? Ada yang langsung respect menolong atau banyak juga yang hanya menonton saja seperti sedang menonton topeng monyet. Jika kalian melihat sempatkanlah sebentar untuk menolong, bayangkan jika itu anda taerus tidak ada yang menolong ?? Pasti sakit banget rasanya.

     Nah kali ini saya akan memberikan artikel tentang tindakan yang harus kita lakukan saat kita melihat ada kecelakaan. Yup hanya pertolongan pertama atau untuk sementara sambil kita membawa korban ke rumah sakit terdekat. Yup langsung aja yaah..

Kecelakaan Lalu Lintas

     Pertolongan pertama yang efisien dan segera terhadap korban kecelakaan lalu lintas adalah pneting. Beberapa menit pertama sangat penting. Tindakan segera dapat mencegah kerusakan otak ata7 meninggal dunia akibat napas terhalang, denyut nadi dan jantung berhenti, atau darah terus keluar.

Tindakan

Ukuran keselamatan
  1. Periksalah apakah aman mendekati dan apakah setiap orang aman.
  2. Hindari bahaya kendaraan yang berlalu lalang. Parkirlah mobil anda antara kecelakaan dan lalu lintas jika perlu.
  3. Nyalakan lampu peringatan bahaya atau lampu berkedip (dan lampu besar bersinar redup).
  4. Pasang segitiga peringatan dan orang, jika memungkinkan, dalam jarak tertentu dengan lokasi kecelakaan untuk memberi tanda kepada lalu lintas yang lalu lalang.
  5. Matikan mesin mobil anda, gunakan rem tangan, dan jika ditempat yang landau, ganjal ban mobil.jangan menyentuh mobil atau si korban. Jika ada kabel listrik yang menyangkut dan konslet, segera hubungi PLN. Jangan berada dijalur mobil yang berlalu lalang.
  6. Periksalah cairan yang mudah terbakar, seperti bensin, sediakan alat pemadam kebakaran, dan jangan merokok.


Pertolongan Pertama
  1. Periksalah apakah ada korban dirongsokan atau dipinggir jalan. Jangan memecah kaca jendelamobil untuk menolong korban yang terjebak kecuali korban terlindungi.
  2. Jangan memindah si korban kecuali bahaya sekali. Berusahalah memberikan pertolongan pertama kepada korban yang terjebak. Geser atau miringkan jok mobil, jika stir mobil atau benda berat menjepit dada. Tengadahkanlah kepala korban dan sanggalah rahang agar saluranpernapsan tidak tersumbat. Jika anda harus memindah korban, ikuti petunjuknya di bab berikutnya.
  3. Ketahuilah kondisi korban. Ingat rawatlah yang pingsan terlebih dahulu. Segera periksa saluran pernapsaan, napas, dan sirkulasi. Lihat prioritas pertolongan darurat dan teknik pertolongan darurat, kemudian hentikan pendarahan.
  4. Segeralah mencari bantuan. Ingat, jangan meninggalkan korban yang pingsan atau luka parah, kecuali pertolongan tak kunjung dating. Selalu berikan instruksi singkat dan jelas tentang lokasi dan kodisi kecelakaan. Lihat prioritas pertolongan darurat.
Jangan memindah korban yang terluka kecuali ada bahaya api, lalu lintas, atau asap yang beracun misalnya. Ada baiknya berikan pertolongan pertama sambil menunggu bantuan datang. Jika anda harus memindah orang, ingatlah untuk :
  • Memegang korban denga erat tapi lembut.
  • Memberikan bantuan khusus, seperti menyangga kepala, leher dan tulang belakang khususnyajika korban pingsan.
  • Angkat korban perlahan-lahan, tanpa merenggutnya.


Menyeret
Teknik ini dapat dilakukan pada kecelakaan jika korban pingsan atau luka parah dan tidak ada yang menolong.


Tindakan
  1. Jika tidak ada kaki yang terluka, membungkuk dan menjongkoklah di kaki korban. Pegang pergelangan kaki dengan erat. Membungkuklah dans eret korban perlahan-lahan agar jauh dari bahaya lebih lanjut. Jika ada kaki yang terluka, pegang siku atau pergelagan tangan dengan kencang. Bungkuklah dan tarik perlahan-lahan. Jangan menarik dengan memegang pakainnya.
  2. Ketika anda menarik mundur, usahakan tubuh korban tetap rata dengan tanah.

Merangkul
     Merangkul cocok untuk orang dewasa yang terluka dan dapat berpindah dengan bantuan.

Tindakan
  1. Berdirilah disamping korban, disebelah sisi tubuh yang terluka. Kecuali tangan atau bahu yang terluka (berdirilah di sisi tubuh yang lain).
  2. Rangkulah yangan anda kebelakang korban dan peganglah pinggulnya.
  3. Rangkulah tangan korban ke pundak anda. Sanggalah dia dengan bahu anda. Pegang tangannya, kecuali luka parah atau berdarah.
  4. Pindahkan kedepan perlahan-lahan. Melangkahlah dengan kaki bagian dalam dahulu.


2 komentar:

  1. Great to see that someone still understand how to create an awesome blog.
    The blog is genuinely impressive in all aspects.
    judi poker

    BalasHapus
  2. SAHABATDUNIA AGEN DOMINO QQ AGEN DOMINO 99 DAN POKER ONLINE AMAN DAN TERPERCAYA
    * Minimal DEPOSIT Rp 20.000,-
    * Tersedia 7 game dalam 1 USER ID
    *Bonus TO 0,3% Setiap 5 hari
    *Bonus Refferal 15%
    - Contact Us -
    Website : SahabatQQ
    Pin BB : 2BCD6D81
    WA : +855-81734021
    LINE : SAHABATQQ

    BalasHapus