Jumat, 29 Januari 2016

Tulang Patah

Assalamualaikum wr.wb

       Sakit pastinya yaa kalau yang pernah ngerasain patah tulang.  Ngeliatnya aja udah merinding apalagi ngerasainnya, amit amit deh jangan sampe yah. Walaupun saya merinding dengernya tapi saya tetap mau membahas tentang patah tulang dan pertolongan pertamanya nih. Gapapa kan ?? Gapapa lah lumayan buat nambah-nambah wawasan.

       Tulang bisa retak atau patah. Ketika tulang menembus kulit disebut retak tertutup (open fracture) atau retak komplikasi (compound fracture). Patah tulang rentan terhadap infeksi dan dapat menyebabkan kurang darah. Ketika kulit belum tembus disebut retak tertutup (meski kulit dalam berdarah dan rusak). Pada tulang anak-anak yang masih fleksibel, mungkin tidak patah seluruhnya. Jika anda mencurigai tulang seseorang telah retak, segera cari bantuan medis.

Tanda-tanda dan Gejala

  • Terdengar atau terasa tulang patah
  • Nyeri seklai dibagian yang patah
  • Anggota bdan cacat dantidak dapat digerakkan secara alami
  • Empuk keitka ditekan sedikit
  • Bengkok


Peringatan
  • Jangan memindah tulang retak jika perlu.
  • Jangan memindah korban, kecuali demi keselamatan jika perlu, jika ada kemungkinan retak punggung atau leher,. Karena urat tulang belakang dapat rusak karena digerakkan.
  • Jangan memberikan makanan atau minuman, terkadang bisa juga mati rasa.


Tindakan

  1. Jika ada luka terbuka, kendalikan pendarahan dan tutupi luka dengan perban steril. Jika tulang menonjol gunakan bantalan bundar.kemudian gunakan perban. Pastikan perban tidak langsung mengenai tulang yang retak.
  2. Topang lengan yang retak dalam posisi paling nyaman. Angkat atau sandarkan kaki atau pergelangan kaki yang retak dibantal atau selimut yang dilipat.
  3. Cegah lengan tidak bergerak dengan belat atau kain penggendong. Jangan mmengikat lengat lengan terlalu ketat.
  4. Selalu periksa bahwa perban tidak terlalu ketat, sehingga tidak mengganggu sirkulasi.
  5. Waspadai kalau-kalau si penderita shock.
  6. Segera cari bantuan medis.
# Kaki patah
       Berikan bantalan pada kedua kaki dan gunakan belat, jika perlu lengan yang tak luka untuk menyangga. Perban kaki di sekitar lutut dan pergelangan kaki. Juga perban di bagian atas dan bawah yang retak dan sekitar paha, jika bantuan medis datang agak lama.

# Siku yang retak dan tangan diluruskan
       Baringkan korban di sisi yang tidak terluka, dibela yang diberi bantalan di sepanjang tubuh. Balut denhgan tubuh (bagian atas dan dibawah luka) dengan perban l;ebar yang diikatkan di sisi yang tidak terluka.

# Lengan atas dan bawah retak
       Untuk mengurangi gerakan dan nyeri, korban mungkin menyangga lengan yang luka denan lengan yang lain, perl;ahan-lahan memegang siku.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar