Kamis, 28 Januari 2016

Pertolongan Pertama Pada Memar dan Luka bakar

Assalamualaikum wr.wb
       Memar, yaa pasti yang ada dalam pikiran kalian langsung terbesit luka memerah yang membengkak dan pasti sakitnya tuh beeh mantap deh, apalagi kalau disenggol. Atau luka bakar, sering pasti dong waktu kecil kena luka bakar ?? Pasti yang kita lakuin pertama kalau luka bakar itu langsung memberi ludah kita di daerah yang kena luka bakar, bener gak ?? hahahaha pengalama waktu kecil juga sih.

       Nah disini saya akan memberi tips apa yang harus kita lakuin jika terjadi memar atau luka bakar di tubuh kita. Minimal kita harus memberikan pertolongan pertam, jika tidak akan berakibat fatal dan bisa terkena infeksi. Oke langsung aja yaah

MEMAR

Tanda-tanda dan Gejala
  • Nyeri
  • Memar, yang berubah deri merah ke jingga kebiru-biruan, lalu menjadi kuning kehijau-hijauan
  • Bengkak
  • Lemas
Tindakan
  1. Periksalah luka, khususnya retak, terkilir dan keseleo atau kejang.
  2. Istirahatkan korban, sanggalah bagian yang luka, dan gunakan perban pengkompres. Lengan yang sangat memar harus disangga dengan kain penggendong segitiga. Jika kaki atau tubuh memar, topanglah dengan bantal.
  3. Gunakan kantung es.



LUKA BAKAR

       Terbakar dapat disebabkan api, listrik, petir, bahan kimia dan radiasi (karena sinar matahari). Luka bakar disebabkan oleh tersiram cairan panas atau uap. Terbakar atau luka bakar merupaka luka parah dan dapat menyebabkan infeksi, tergores dan bahkan korban bisa meninggal.

Tanda-tanda dan Gejala
  • Kulit merah dan melepuh jika lapisan luar yang terkena
  • Kulit merah tua, hitam atau gosong jika semua lapisan kulit terbakar
  • Perih jika luka bakar hanya ringan, tetapi mungkin mati rasa jika urat syaraf rusak
  • Shock jika luka bakar parah


Tindakan
  1. Pindahkan korban dari bahaya dan sumber api jika anda dapat melakukannya dengan aman (lihat cara memindahkan korban).
  2. Jika pakian korban terbakar, lindungi diri anda dengan selimut atau permadani di depan anda ketika mendekati korban.tutupkan selimut atau permadani ke korban untuk memadamkan api. Baringkan korban ke tanah. Jika harus menggunakan air untuk memadamkan api, jangan menyemprotkan air.
  3. Jika korbn pingsan, baringkan dengan posisi miring, periksa pernapasan dan denyut nadi. Berikan pernapasan buatan dengan mulut dan menekan dada.
  4. Dengan hati-hati lepaskan pakaian yang terbakar kecuali jika melekat ke kulit korban.
  5. Dinginkan bagian yang terbakar dengan air dingin, tetapi bukan es. Idealnya, letakan bagian yang terbakar dibawah air yang mengalir selama 10 menit.
  6. Tutupi bagian yang terbakar dengan pembalut bersih, steril dan tidak lengket. Jangan menggunakan salep, pelembab atau krim.
  7. Jika korban sadar dan haus, berikan minum dengan perlahan-lahan. Jangan memberi alkohol. 
  8. Istirahatkan korban dengan nyaman. Sandarkan lengan yang terbakar diatas perut.
  9. Untuk semua luka bakar, kecuali luka ringan dan lecet segera cari bantuan medis.


       Oke sekian dulu nih tips yang dapat saya kasih, moga bermanfaat yah =))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar