Kamis, 28 Januari 2016

Pertolongan Pertama Luka di Dada

Assalamualaikum wr.wb

       Apa yang terbesit dalam pikiran anda jika mendengar kata "Luka di Dada' ?? Ada 2 tipe manusia, tipe yang pertama adalah orang yang serius, pasti dalam pikiran mereka langsung terbesit yaiut luka tusuk, kepentok benda keras atau ada tulang yang retak. Tipe orang yang kedua orang yang alay, pasti dalam pikiran mereka langsung terbesit luka didada itu adalah sakit hati karena diputusin atau ditingal tanpa pamit sama pacarnya wkwkwkwk. Nah anda termasuk tipe orang yang keberapa ?? saya sih yang pertama tapi juga pernah merasakan yang kedua hahaha.

       Nah disini kita mau membahas pemikiran dari tipe orang yang pertama nih, yup luka di dada yang benar-benar luka akibat ketusuk atau kepentok benda keras. Disini kita mau kasih tips aja bagaimana memberi pertolongan pertama pada orang yang terkena luka di dada. Mri kita mulai.

Sekilas Info !!!

       Dada melindungi jantung, paru-paru dan pembuluh darah, sehingga luka di dadadapat berakibat fatal pada pernapasan, sirkulasi udara dan mungkin menyebabkan pendarahan. adakalanya tulang rusuk yang retak merusak paru-paru, menyebabkan rusak parah, pendarahan internal atau bahkan paru-paru tak berfungsi. Jika tulang rusuk yang retak atau benda tajam menusuk dinding dada, udara dari luar dapat masuk ke rongga dada. Udara diluar dapat menyebabkan paru-paru yang terluka tidak berfungsi.

TULANG RUSUK RETAK

Tanda-tanda dan Gejala

  • Perih, sakit ketika bernafas atau batuk
  • Sulit bernafas
  • Btuk berbusa darah
  • Empuk dibagian luka

Tindakan

  1. Jika korban pingsan, baringkan dengan posisi miring dimana bagian yang terluka diatas. Periksa saluran pernapasan dan denyut nadi. Mulailah memberi pernapasan buatan dari mulut dan menekan dada.
  2. Istirahatkan korban dalam posisi setengah duduk, menyandarkan kebawah di bagian yang terluka.
  3. Berika bantal disisi yang terluka, kemudian perban lengan atas dan tambahkan alas di sisi yang terluka.
  4. Cegah lengan bergerak dengan kain penyangga atau kain penyangga di leher dan siku.
  5. Segera cari bantuan medis.

LUKA TUSUK

Tanda-tanda dan Gejala
  • Nyeri dibagian luka
  • Darah mengalir dari luka
  • Lidah kebiru-biruan
  • Semakin sulit bernapas
  • Pingsan
Tindakan
  1. Jika korban pingsan, baringkan pada posisi miring, bagian luka diatas. Periksa saluran pernapasan dan denyut nadi. Mulailah memberi pernapasn buatan dari mulut dan menekan dada.
  2. Istirahatkan korban pada posisi setengah duduk, sandarkan ke bawah di bagian yang terluka.
  3. Segera lepaskan baju di sekitar yang terluka. Letakan tangan anda di sekitar yang terluka.
  4. Tutupi luka dengan perban yang steril atau gunakan pembalut dari plastik atau alumunium foil. Plester kain penutuo di dada yang terluka di 3 sisi (atas, kanan dan kiri) untuk mencegah udara masuk ke rongga dada. Jangan memplester bagian bawah kain penutup. Biarkan terbuka sehingga udara yang tertekan dapat keluar.
  5. Segera cari bantuan medis.
Yaaaa, cukup sekian tips yang kurang lengkap ini saya berikan hehehehe semoga bermanfaat suatu saat nanti =))



Tidak ada komentar:

Posting Komentar