Selasa, 26 Januari 2016

Pernafasan Buatan dengan Menekan Dada

Assalamualaikum wr.wb

     Di postingan ini sebenarnya saya hanya ingin melanjutkan postingan saya sebelumnya yaitu “Pernapasan buatan dari mulut”. Nah tapi untuk sekarang saya ingin memberi dasar-dasar PPPK tentang pernapasan buatan juga tapi jika sebelumnya dengan menggunakan mulut, sekarang dengan cara menekan dada. Pasti udah pernah tau sekilas caranya, yaa kaya di sinetron-sinetron itu loh yang dada diteken-teken sampe pasiennya hidup lagi buat ngucapin kata-kata terakhir buat seseorang yang dia sayangi abis itu meninggal deh pasiennya hahahaha korban sinetron nih penghuni blognya. Oke langsung aja yaa ke topic.

“Pernapasan Buatan Dengan Menekan Dada”

     CPR (Cardiopulmonary Resuscitation, pernapasan buatan dengan menekan jantung) adalah kombinasi dengan menekan dada dari luar / EEC (External Cardiac Compression) atau menekan jantung. Tujuannya, ada sirkulasi udara sampai paramedic dating. CPR sangat melelahkan dan idenya dilakukan oleh 2 orang agar ritmenya terjaga.

     Tindakan

CPR untuk orang dewasa
  1. Berluttulah disebelah tubuh dan kepala korban.
  2. Baringkan korban.
  3. Cari ujung tengah tulang dada, geserlah jari kedua tangan anda disepanjang rusuk terbawah dikedua sisi, mulailah dari bagian luar dan bergerak kedalam, sampai bertemu ditengah. Biarkan jari telunjuk salah satu tangan anda diujung ini. Letakan jari telunjuk tangan lain dialur antara tulang selangka (diatas tulang dada). Rentangkan ibu jari kedua tangan anda sampai bertemu ditengah tulang dada korban.
  4. Usahakan tangan anda yang didekat kepala korban tetap diposisi ini. Letakan tangan yang lain dibawahnya, diseparuh tulang dada bagian bawah. Jari harus rileks, agak diangkat dan menunjuk dada.
  5. Pertahankan lengan anda tetap lurus. Dengan menggunakan tumit tangan bawah, tulang dada sekitar 4-5 cm, tanpa menekan tulang rusuk. Hentikan tekanan, biarkan dada membusung, tetapi jangan memindahkan tangan. Teruskan menekan, terus bergantian menekan dan melepas. Jika anda sendirian, tekan tulang dada 15x selama 10-12 detik. Lakukan pernapasan buatan melalui mulut. Berikan napas dalam 3-5 menit. Jika anda punya teman, satu orang harus menekan dada bagian jantung kemudia suruh orang lain melakukan pernapasan buatan melualui hidung. Berika 5 tekanan, 1 pernapasan, dalam 5 detik. Orang yang menekan harus menghitung dengan keras sehingga pada hitungan ke 5, pernapasan buatan melalui hidung dapat diberikan orang lain tanpa jeda.
  6. Periksalah denyut nadi setelah 1 menit, kemudian setiap 2 menit. Jiaka denyut nadi berhneti, lanjutkan pernapasan buatan dengan menekan dada. Jika nadi berdenyut tetapi nafas tidak kembali, hentikan nafas buatan dengan menekan dada dan mulailah nafas buatan dengan mulut.
  7. Ketika nadi dan nafas kembali normal, baringkan korban diposisi miring. Tunggu sampau bantuan medis dating.


CPR untuk anak 1-8 tahun
  1. Cari bagian tengah tulang dada. Lihat langkah 1-3 diatas pada nafas buatan dengan menekan dada.
  2. Letakan pangkal tapak tangan anda yang didekat perut persis dibawah dibagian tengah tulang dada. Usahakan jari rileks, agak diangkat dan menunjuk ke dada.
  3. Gunakan hanya telapak tangan ini, tanpa tangan lain, tekan dada sekitar 2-3 cm, denga teratur dan pelan-pelan. Jika anda sendiri, berikan 15 tekanan, kemudian 2 nafas selama 10 detik. Jika ada teman yang menolong, berikan 5 tekanan, kemudian 1 nafas pendek dengan cepat selama 3 detik.

CPR untuk bayi
  1. Cari bagian tenga tulang dada, lihat CPR untuk orang dewasa langkah 1-3.
  2. Tekan hanya dengan telunjuk dan jari tengah diseparuh bagian tengah tulang dada. Tekan dada pelan-pelan sekitar 1,5 cm. jika anda sendiri, berikan 15 tekana, kemudian berikan 2 nafas pendek dengan cepat selama 10 detik. Jika ada teman yang membantu, berikan 5 tekanan, kemudian 1 nafas pendek dengan cepat selama 5 detik.



Oke sekiaan pengalaman yang dapat saya berikan kepada agan/aganwati semua. Siapa tau berguna saat anda hang-out dengan teman-teman anda, tapi ingat jangan sampai cara memberikan pernapasan buatan ini disalahgunakan untuk kesenangan pribadi (you know what I mean lah !!). Karena itu berakibat fatal bagi si korban. Dan ingat !!! pertolongan pertama sangat wajib dilakukan jika ada seseorang yang tiba-tiba pingsan sebelum atau sambil menunggu medis/ambulans dating.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar