Jumat, 22 Januari 2016

Sistem Pelumasan

Assalamualaikum wr.wb

       Yang namanya pelumasan berarti behubungan dengan yang namanya minyak dong, minyak juga banyak jenisnya bisa minyak tanah, minyak sayur, oli pun termasuk minyak. Dan kali ini saya akan mambahas bukan tentang minyak melainkan tentang "Sistem Pelumasa" yang ada pada kendaraan.

       A. Garis Besar
            Sistem pelumasan  menyalurkan oli ke semua bagian mesin yang bergerak. Pelumas berfungsi mengurangittingkat keausan, mendinginkan, menyekat dan menghindari kororsi (karat) sehingga mesin tidak terkikis atau tergores (aus), serta terpeliharanya unjuk kerja mesin yang baik.

       1. Metode Pelumasan
           Metode pelumasan biasanya menggunakan pompa oli. Metode penyaringan menggunbakan penyaringan arus penuh (full-flow filtering), penyaringan bypass (bypass filtering) atau kombinasi keduanya.


          Pada metode penyaringan full flow semua oli dipompakan melalui saringan kemudian dikirim menuju ketempat-tempat yang memerlukan pelumasan. Metode ini memiliki sifat pembersihan oli yang sangat baik, akan tetapi ada bahaya kegagalan pelumasan bila saringan sampai tersumbat.
 Oleh sebab itu dipasang sebuah bypass unutk menyalurkan oli langsung tanpa melalui saringan.
          Metode kombinasi adalah penggabunngan dari metode full flow dan metode bypass. Sebagian besar oli dipompakan melalui saringan full flow, dan sebagian kecil dilewatkan ke saringan bypass kembali ke pompa oli. Metode ini menghilangkan defisiensi metode full flow dan arus balik, menjadikan mutu penyaringan oli yang terbaik. Saringan oli full flow kadangkala terpasang terpisah, kadangkala berupa satu kesatuan.

       2. Sistem Pelumasan
           Gambar dibawah menunjukan sistem pelumasan kombinasi pada mesin Hino J08C-TG



       3. Cara Kerja Sistem Pelumas
           Minyak pelumas bekerja dengan cara sebagai berikut :
           a. Mengurangi gaya gesekan (friksi)
               Jika dua permukaan yang saling menempel bergerak, akan timbul gaya geseka pada                              permukaan kontak. Minyak pelumas menciptakan lapisan oli (oil film) diantara permukaan                  kontak sehingga mengurangi gaya gesek.
           b. Pendingin
               Panas timbul pada tempat dimana terjadi gesekan. Oli pelumas mendinginkan daerah ini                      dengan menyerap panas gesekan.
           c. Peredam kejutan / getaran
               Pada bagian yang mengalami pemusatan gaya tekan seperti pada ball bearing, roller bearing                dan roda gigi, tekanan yang sangat tinggi teradi pada permukaan kontak, yang akan                              mengakibatkan keausan dan kerusakan. Dalam hal ini oli menyebarkan tekanan dan                              menyerap getarannya.
           d. Mencegah korosi / karat
               Pelumasan menci[ptakan lapisan oli yang menghindarkan permukaan logam yang tidak                        terkena udara dan air secara langsung, sehingga tidak terjadi korosi.
           e. Penyekat / perapat
               Sifat kedap udara antara silinder dan piston pada mekanisme seperti dalam mesin dan                          kompressor udara ditentukan oleh ring piston. Minyak pelumas juga mengisi sisa celah yang                masih ada untuk menambah sifat kedap udaranya.
           f. Pembersih
              Oli yang bersikulasi membersihkan saluran-saluran agar tidak tersumbat oleh kotoran atau                   butiran logam (debu metalik / gram).

Cukup sekian yaa materinya dan terimakasih sudah membacanya !!! hehehehe




Tidak ada komentar:

Posting Komentar