Selasa, 19 Januari 2016

Kontruksi Dasar Mesin Diesel

Asslamualaikum wr,wb

      Sesuai janji saya penghuni blog ini sebelumnya, saya akan memposting materi tentang "Konstruksi Mesin Diesel". Simak baik-baik yaa kawan-kawan pelajar SMK jurusan otomotif yang mau copy paste hehehehe.

Konstruksi Mesin Diesel

       Agar mesin diesel dapat berfungsi dengan baik, konstruksi mesin terdiri dari komponen utama mesin dan komponen kelengkapan mesin. 

  • Komponen utama mesin terdiri dari :
  1. Blok silinder (Cylinder Blok)
  2. Kepala silinder (Cylinder Head)
  3. Piston dan batang piston  (Piston and Connecting rod)
  4. Poros engkol (Crankshaft)
  5. Fly wheel
  6. Mekanisme Katup
  7. Oil pan (Carter)


       Silinder liner merupakan suatu bagian yang menghasilkan tenaga gerak berbentuk silinder dan dilengkapi dengan piston. Batang piston berfungsi untuk menghubungkan piston dengan poros engkol dimana satu ujungnya dihubungkan dengan pin piston dan ujung lainnya dihubungkan dengan poros engkol melalui sebuah bantalan.

       Poros engkol befungsi unutk merubah gerak naik turun piston didlam silinder menjadi gerak putar. Kepala silinder dipasang pada bagian atas silinder dan dilengkapi dengan katup, intake manifold, exhaust manifold yang berfungsi unutk menghisap udara dan membuang gas sisa pembakaran. Oil pan atau carter yang terletak dibagina bawah blok silinder berfungsi sebagai penutup bawah masin sekaligus tempat minyak mesin.

      Sedangkan kelengkapan mesin adalah bagian tambahan dari mesin yang berfungsi untuk menjamin agar mesin dapat bekerja dengan baik. Bila tidak ada kelengkapan ini maka mesin tidak akan dapat bekerja terus-menerus.

  • Kelengkapan mesin terdiri dari :
  1. Sistem Pelumas
  2. Sistem Pendingin
  3. Sistem Pemasukan dan Pembuangan (Intake and Exhaust)
  4. Sistem Bahan Bakar
  5. Sistem Kelistrikan
 
       Sekian matei dari saya yang dapat saya posting di blog ini, jika ada kesalahan mohon dimaafkan namanya juga manusia. Jika ingin tanya-tanya seputar dasar-dasar otomotif silahkan coment aja.




2 komentar:

  1. kunjungi info kemenangan dan keberuntungan di pokerayam.co
    banyak sekali member menjadi kaya dengan cepat
    hanya mengeluarkan 10 ribu dapat hadiah hingga jutaan rupiah
    tunggu apalagi kawankuu, segera bergabung !!!
    Bisa juga hubungi , info :
    BBM : D8E5205A

    BalasHapus