Kamis, 21 Januari 2016

Msein Diesel 1

Assalamualaikum wr.wb

       Kalian pasti udah pada tahu dong tentang mesin mobil walaupun sedikit-sedikit, yaa mesin mobil umumnya ada 2 yaitu mesin bensin dan mesin diesel. Tapi sekarang-sekarang ini muncul penemuan-penemuan baru pada mesin mobil yaitu mesin mobil tenaga listrik, tenaga surya dll. Tapi kali ini saya mau ngebahas tentang mesin diesel khususnya yang dipakai oleh truk Hino. Yaap hino lagi hino lagi, kenapa mesti hino sebagian besar dari postingan saya ?? Karena saya bekerja di Dealer resmi Hino. Maka dari itu saya mau sharing juga sekalian ilmu yang saya dapet selama bekerja dan training di Hino. Oke langsung aja yaa.

       A. Sejarah Mesin Diesel

            Pada tahun 1982 Rudolf  Diesel (mungkin dia kakeknya Vin Diesel wkwkwk), seorang insinyur dari Jerman, menerbitkan buku yang berjudul "Teori dan struktur mendalam dari motor konversi panas" (Theory and Structure of a Rationalized Thermomotor). Ia mengembangkan sebuah prototipe mesin 4-langkah dimana udara dimampatkan didalma sebuah silinder kemudian sejenis bahan bakar yang mengandung bubuk arang dimasukandan terbakar sendiri akibat panas udara yang dimampatkan. Setelah berulang kali mencoba, akhirnya pada tahun 1987 berhasil mengembangkan konstruksi sederhana sebuah "Mesin Diesel". Desain tersebut memompakan / menginjjeksikan minyak bakar kental menggunakan udara bertekanan tinggi. Mesin ini bersilinder tunggal (diameter x langkah : 250mm x 390 mm) tipe katup lateral, dengan keluaran mesin (output) 18 PS / 180 rpm. Sejak saat itu jenis mesin ini dikenal dengan Mesin Diesel berdasar nama penemuannya.

     
       B. Prinsip Kerja Mesin Diesel 4-Langkah

            Prinsip kerja mesin diesel 4 langkah adalah suatu rangkaian ulangan tetap dari beberapa langkah, yaitu :





              Nah itu dulu yaa om tante yang bisa saya kasih materinya, solanya udah cape nih wkwkwk. Tenang saya bakl lanjutin kok di blog selanjutnya. Unutk materi selanjutnya saya mau mambhas "Spesifikasi Mesin" & "Siklus Pembakaran". Ditunggu aja yaa =)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar