Senin, 18 Januari 2016

Prisnip Kerja Mesin

Assalamualikum wr.wb

       Materi ini saya dapat saat saya duduk dibangku SMK jurusan otomotif sebagai bahan presentasu saya ke guru-guru dijurusan buat nambah-nambah nilai. Sekarang saya kasih dari pada cuma diem doang di buku mending saya post disini siapa tau banyak yang butuh hehehe.


PRINSIP KERJA MESIN

       Mesin yang digunakan pada motor bensin dan motor diesel adalah jenis gerak bolak-balik (reciprocating engine). Komponen dasar dari mesin ini terdiri dari batang piston, dan poros engkol. Dari mekanisme tersebut terbentuklah suatu ruangan diatas piston yang iasa disebut sebagai ruang bakar. Sudah pada tau kan prinsip kerja dari mesin itu apa ?? Sudah pernah saya posting kok di "Dasar-dasar Mesin", cek aja kalo belum tau.

       Lanjut, posisi tertinggi dari piston disebut Titik Mati Atas (TMA). Sedangkan posisi terendah yang dicapai piston disebut Titik Mati Bawah (TMB). Jarak dari TMA ke TMB disebut langkah piston. dari prinsip kerja mesin diatas dapat disimpulkan bahwa agar mesin dapat bekerja ada 4 proses yang harus dilakukan, yaitu :
  1. Mesin harus memasukan udara dan bahan bakar. Proses ini ni disebut Proses Hisap.
  2. Agar udara dan bahan bakar dapat dibakar maka udara dan bahan bakar tersebut harus dicampur secara homogen dan berbentuk gas. Untuk mencapai hal ini mesin harus mealkukan proses yang disebut Proses Kompresi.
  3. Setelah campuran udara dan bahan bakar bercampur secara homogen maka untuk memperoleh panas, maka campuran tersebut harus dibakar, kemudian panas hasil pembakaran tersebut dirubah menjadi tenaga gerak oleh mekanisme piston. Proses ini disebut Proses Usaha
  4. Agar mesin dapat bekerja kembali, maka campuran udara dan bahan bakar yang telah dibakar harus dikeluarkan dari silinder. Proses ini disebut Proses Buang.
       Ke-4 proses tersebut harus berlangsung secara urut dan tetap dan berlangsung secara terus-menerus. Proses hisap, kompresi, usaha, buang ini disebut satu siklus.





        Dilihat dari cara menyelesaikan siklus mesin dapat dibagi menjadi 2, yaitu :
  • Mesin 4 langkah (mesin 4 tak) adalh mesin yang untuk menyelesaikan satu siklus kerja tersebut diperlukan 4 kali gerakan piston dan 2 kali putaran poros engkol.
  • Mesin 2 langkah (mesin 2 tak) adalah mesin yang untuk menyelesaikan satu siklus hanya memerlukan 2 kali gerakan piston dan 1 putaran poros engkol.

       Nah disini saya kan membahas hanya mesin 4 tak.

PRINSIP KERJA 4 TAK




PERBANDINGAN MESIN BENSIN DAN MESIN DIESEL




       Oke saya sudahi dulu ya materinya, unutk selanjutmnya saya akan mambahas tentang "Konstruksi Mesin Diesel". Jadi yang mau copy paste buat tugas pantengin aja terus blog saya. Dan jika da kekurangan tolong dimaafkan yaa dan kalo mau nanya-nanya seputar dasar-dasar otomotif tinggal coment aja kok insya Allah dijawab kalo lagi online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar