Selasa, 02 Februari 2016

Racun

Assalamualaikum wr.wb

     Pernah minum racun ?? Alhamdulillah saya belum pernah dan saya gak mau nyoba. Kalo anda ?? bagi yang udah pernah bisa kali diceritain pengalamannya wkwkwk. Apa sih itu racun ?? Yaa wanita juga termasuk racun, kata band The Cangcuters wanita itu racun dunia. Gak juga loh, wanita bisa jadi berkah dunia kalo kita memanfaatkannya dengan benar.

     Racunitu bisa kita buat sendiri dan bisa terjadi secara alami contohnya makanan atau minuman yang kadaluwarsa, obat, produk industry atau limbah rumah tangga. Racun dapat tertelsn, terhirup, terserap atau disuntikan. Ingat !!! Dakam berbagai kasus, keracunan yang tidak disengaja dapat diselamatkan.

Tanda-tanda dan Gejala
  • Nyeri, dari mulut ke perut
  • Mual, muntah dan ngantuk
  • Pening
  • Dada sesak dan sulit bernafas
  • Telinga bordering
  • Sakit kepala
  • Badan baud an berkeringat
  • Kulit berubah warna
  • Nafas bau
  • Terbakar disekitar atau didalam mulut
  • Pingsan


     Jika anda di Australia, untuk mengetahui informasi yang lebih rinci, hubungi pusat keracunan di 12 11 26. Nomor ini dapat dihubungi dari berbagai kota di Australia.


Tindakan umum
  1. Jika korban pingsan, baringkan dalam posisi miring. Periksa saluran pernapasan dan denyut nadi. Mulailah memberi pernapasan buatan melalui mulut dan menekan dada. Jika pernapasan buatan perlu dilakukan, pastikan anda menghilangkan racun dari mulut si korban terlebih dahulu.
  2. Jika penderita sadar, berikan pertolongan sesuai racun yang diminum. Adalah tindakan penting sekali megetehui racun dan obat apa yang diminum, untuk mempermudah paramedic mengobait.
  3. Segera cari bantuan medis.




BAHAN PERUSAK, MINYAK TANAH ATAU MATERIAL YANG TIDAK DIKETAHUI

     Bahan perusak dapat berupa asam batu baterai, deterjen pencuci piring, pembersih toilet dan osda api yang membakar jaringan tubuh.

Peringatan
  • Jangan membuat korban muntah karena dapat menyebaban jaringan tubuh dan paru-paru rusak.

Tindakan
  1. Cuci mulut korban dan wajah sampai bersih. Jangan memberi minum atau makan.
  2. Segera cari bantuan medis.




 BENDA-BENDA UMUM DAN OBAT-OBATAN

Benda- benda umum meliputi tanaman seperti jamur dan detergen.

Peringatan
  • Jangan membuat korban muntah jika ia pingsan atau menyandarkan punggung.


Tindakan
  1. Jika pusat informasi atau dokter meminta anda melakukan sesuatu, berika sirup Ipecacuanha. Sesuai petunjuk dalam botol, untuk merangsang muntah. Jangan menggunakan air sabun atau air garam untuk membuat korban muntah.
  2.  Segera cari bantuan medis.


MENGHIRUP RACUN

     Gas industry, karbon monoksida (dalam asap mobil) atau busa polyurethane dapat menyebabkan keraacunan.

Tindakan
  1. Berhatila=hatilah jangan sampai menghirup asap racun atau gas. Tutup mulut dan hirup dengan spu tangan basah. Usahakan ada pertukaran udara diruangan atau pindahakan penderita ke tempat berudara segar jika perlu.
  2. Jika penderita pingsan, baringkan dalam posisi miring. Periksa saluran pernapasan dan denyut nadi. Mulailah memberi pernapasan buatan melalui mulut dan menekan dada.
  3. Longgarkan segala pakaian yang ketat.
  4. Segera cari bantuan medis.



MENYERAP RACUN

     Zat-zat kimia beracun, seperti pestisida dapat terserap kulit. Mungkin perluwaktu sebelum gejala keracunan Nampak. Periksalah apakah penderita telah mengguanakn racun, misalkan menyemprotkan jagung.

Tindakan
  1. Mintalah penderita melepas pakaian atau alas kaki yang terkontaminasi. Jika anda membantu gunakan sarung tangan dari karet.
  2. Cuci kulit yang terkonyaminasi dengan sabun dan air (lantas cuci pakaian yang terkontaminasi terpisah dengan pakaian lain).segera cari bantuan medis jika gejala keracunan Nampak terlihat. Jika anda tahu nama zar kimia yang terserap, beritahukan dokter atau paramedic.
  3. Jika penderita pingsan, baringkan dalam posisi miring. Periksa saluran pernapasan dan denyut nadi. Mulailah memberi pernapsan buatan dari mulut dan menekan dada.


Oke fix jadi sekarang anda gak usah panic jika menemukan seseorang yang sedang keracuna, ikuti saja petunjuk-petunjuk pertolongan pertamanya. Sekian yaah , semoga bermanfaat !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar